Kebakaran Hutan, Walhi Ragukan Ketegasan Pemerintah

Petugas pemadam kebakaran lahan
Sumber :
  • ANTARA FOTO
VIVA.co.id
Kebakaran di Portugal, Nasib WNI Terus Dipantau
- Aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Pius Ginting, meragukan ketegasan pemerintah terhadap perusahaan yang terbukti terlibat dalam pembakaran hutan lahan.

Kebakaran Besar Melanda Portugal
"Saya meragukan pemerintah akan menindak perusahaan yang terlibat kebakaran hutan. Pemerintahan Joko Widodo sangat pro investasi," ungkap dia, di Nyonya Dua, Jakarta, Minggu 20 September 2015.

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
Hal ini terbukti, kata dia, mulai dari berbagai regulasi yang dikeluarkan pemerintah sangat berbau mendukung investasi. Dengan demikian, regulasi tersebut dapat menarik investor untuk menanam uangnya di Indonesia.

"Kebijakan pemerintah pro invetasi, agar investor masuk. Ini bertentangan dengan dengan korporasi yang wilayahnya mereka kebakaran hutan," ucap dia.

Untuk itu, dia berharap kepada aparat hukum, terutama pengadilan di mana banyak hakim yang bersertifikat lingkungan. Sehingga, jalur tersebut menjadi titik cerah dalam menjerat perusahaan nakal itu.

"Kami harapkan lembaga pengadilan bisa menyeret. Ada hakim bersertifikat lingkungan yang dapat mengadili perkara ini," kata Pius. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya