Heboh, Ibu-ibu di Belanda Sambut Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Amsterdam
Sumber :
  • Twitter @Basukibtp

VIVA.co.id - Belasan ibu-ibu heboh saat menyambut kedatangan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Bandara Schipol, Amsterdam, Belanda.

Ahok, sapaan akrab Basuki, tiba di negara yang terletak di Benua Eropa itu pada Minggu, 20 September 2015 waktu setempat.

Berdasarkan sebuah video yang diunggah ke laman Facebook pribadi milik seorang pengguna bernama Yasmine Soraya, belasan ibu-ibu yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) gaduh menyambut kedatangan orang nomor satu di Jakarta itu.

Jelang Eksekusi Kampung Akuarium, Warga Kemasi Perabotan

Belasan ibu-ibu tersebut langsung mengerubungi Ahok. Masing-masing memberi setangkai bunga mawar berwarna merah. Ada juga yang memberi bunga berwarna putih. Beberapa bunga ditempeli bendera merah putih kecil yang terbuat dari plastik.

Ahok, yang mengenakan busana rapi, kemeja biru muda dengan balutan jas berwarna biru tua, nampak kebingungan. Namun, ia masih sempat berkelakar kepada ibu-ibu tersebut. "Hati-hati mawar berduri," ujar Ahok sambil tertawa.

Tak hanya memberi bunga, belasan ibu-ibu itu tak segan mencium pipi kiri dan pipi kanan Ahok. Beberapa di antaranya bahkan melakukannya berkali-kali. Seorang pria, yang nampak seperti pemimpin rombongan itu, kemudian menyalami Ahok. "Selamat datang di Belanda, semoga sukses," ujarnya.

Video kedatangan Ahok di Bandara Schiphol itu diakhiri dengan rombongan ibu-ibu itu mengajak Ahok berselfie. Seorang ibu berjaket putih dan berkacamata, nampak tak segan memegang pipi kiri Ahok, dan menariknya agar ia melihat tegak ke depan saat kamera sudah bersiap untuk mengambil gambar. Ahok sebelumnya masih melempar senyum kepada seorang warga yang berdiri di sampingnya. "Oke, kameranya udah dulu, saya mau foto," ujar suara dari balik kamera.

Seperti diketahui, Ahok terbang dari Tanah Air pada Sabtu, 19 September 2015, untuk memulai kunjungan kerja selama 4 hari di Belanda. Pada Minggu malam, 20 September 2015 waktu Indonesia, melalui akun Instagram pribadinya @basukibtp, Ahok juga sempat mengunggah momen kehebohan ibu-ibu tadi. "Tiba di Amsterdam Airport Schiphol disambut teman-teman WNI yang berada di Belanda.," demikian ditulis dalam unggahan itu.

Hingga Senin siang, 21 September 2015, Ahok sudah mengunggah sebanyak 5 foto yang memperlihatkan aktivitasnya di Belanda. Aktivitas-aktivitas itu antara lain memberi sambutan di hadapan ratusan WNI di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Belanda, turun dari bus untuk menuju ke Old Port Rotterdam, meninjau Port of Rotterdam, serta berbincang dengan direksi Port of Rotterdam dan Pelindo.

Selain meninjau Pelabuhan Rotterdam, dalam kunjungan kerjanya ke Belanda, Ahok juga direncanakan meninjau proyek reklamasi dan gasifikasi yang telah sukses dilakukan di negeri Belanda. Hasil dari kunjungan untuk meninjau reklamasi, akan diterapkan dalam rencana pemanfaatan Pulau O, P, dan Q di proyek reklamasi Teluk Jakarta untuk dijadikan pelabuhan laut dan pusat logistik.

Ahok Akan Legalkan Taksi Online di Jakarta

Sementara hasil dari kunjungan untuk meninjau proyek gasifikasi, akan diterapkan dalam rencana pembangunan instalasi incinerator atau mesin pembakar sampah di kelurahan-kelurahan di Jakarta, untuk mengubah bahan padat menjadi energi.

Ahok rencananya melakukan kunjungan di Belanda selama 4 hari terhitung mulai Minggu, 20 September 2015. Pada Rabu, 23 September 2015, ia akan kembali terbang ke tanah air, tiba pada Kamis, 24 September 2015, dan mulai berkantor kembali di Balai Kota DKI pada Jum'at, 25 September 2015.

Dalam kunjungannya, Ahok membawa serta jajaran PT. Pembangunan Jaya dan PT. Jakarta Propertindo selaku BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI yang ditunjuk melakukan sebagian proyek reklamasi dan gasifikasi di Jakarta.

Ahok juga membawa stafnya yang memahami bidang bisnis dan hukum untuk mempelajari penerapan bisnis dan kerja sama dengan pihak swasta di proyek reklamasi daratan Belanda, kemudian mengkaji kemungkinan penerapannya di Jakarta agar tidak bertentangan dengan peraturan hukum Indonesia.

Kunjungan Ahok ini sekaligus merupakan kunjungan balasan terhadap Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb yang telah mengunjungi Jakarta sebanyak tiga kali.

(mus)

Sereida: PDIP Juga Temannya Ahok
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Menteri Susi Sebut Izin Reklamasi Kewenangan Ahok

Tapi perlu rekomendasi Menteri KP dan Perda zonasi wilayah pesisir.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016