Budi Waseso Mau Kirim Penyalahguna Narkoba ke Pulau di Papua

Budi Waseso
Sumber :
  • satu jam lebih dekat-tvOne
VIVA.co.id -
Haris Azhar Tolak Bergabung di Tim Investigasi Testimoni
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Budi Waseso, sedang mempersiapkan tempat khusus untuk para pengedar, pengguna dan bandar narkoba. Menurut Buwas, pemerintah sedang mengkaji pemisahan antara lembaga pemasyarakatan (lapas) umum dengan yang khusus narkoba.

Mantan Panglima TNI: Gawat Kalau Klaim Haris Azhar Benar

"Beliau (Menkum HAM Yasonna Laoly) sedang menelusuri dan mengevaluasi sebuah lapas di pulau yang khusus untuk penanganan korban atau pelaku narkoba," kata Buwas.
Kurir Berkicau, Tono Diamankan dengan Sabu 20 Kilogram


Untuk lokasinya, akan dipilihkan satu pulau menampung mereka ini. Hanya saja, Buwas memastikan pulau itu nantinya bukan di sekitar Jakarta maupun Nusakambangan. Sebab, Nusakambangan masih bisa diakses dengan perahu.


Tapi pemilihan pulau penampungan yang jauh dan terisolasi dari dunia luar. Selain itu, nantinya tidak akan berbentuk bangunan lapas, melainkan hanya tenda saja.


"Ada beberapa yang sedang dikaji dan diajukan. Salah satunya di Pulau Papua. Jadi nggak harus pakai bangunan ya (seperti lapas). Kan bisa saja
survival
pakai tenda, bisa," kata Buwas.


Menurut dia, cara seperti ini bukan untuk penyiksaan. Tapi, diharapkan para napi nantinya bisa sadar dengan sendirinya. Pola pembinaan ini, kata Buwas, bisa diterapkan.


"Pembinaan yang efektif itu juga harus dikaji untuk rehabilitasi. Pembinaan kan nggak harus dikurung, bebas," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya