Muhammadiyah Minta Jokowi Tetapkan Rabu Besok Hari Libur

Presiden Jokowi saat hadiri Muktamar ke-47 Muhammadiyah beberapa waktu silam.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Ucang
VIVA.co.id
Tingkatkan Kerja sama, BSM dan Muhammadiyah Teken MoU
- Persyarikatan Muhammadiyah meminta Presiden Joko Widodo untuk menjadikan hari Rabu, 23 September besok, sebagai hari libur. Mengingat, Muhammadiyah akan menjalankan Salat Idul Adha 1436 Hijriyah atau 2015 Masehi Rabu besok.

Muhammadiyah: Teroris Musuh Bersama yang Perlu Diberantas

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, mengakui adanya permintaan dari Muhammadiyah agar besok dijadikan hari libur. Sebab, pelaksanaan Idul Adha antara pemerintah dengan Muhammadiyah tahun ini tidak sama.
Muhammadiyah Gelar Silaturahmi Tokoh-tokoh Nasional


Mu'ti mengatakan, pihaknya meminta pemerintah memberikan perhatian secara proporsional untuk warga negara yang akan menjalankan Salat Idul Adha Rabu besok.


"Beberapa daerah kami apresiasi memberikan hari libur. Beberapa daerah libur resmi dua hari Rabu dan Kamis," kata Mu'ti, usai bertemu Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 22 September 2015.


Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini mengatakan, jeda libur untuk warga negara, diharapkan agar tidak mengganggu ketenangan warga yang ikut Salat Idul Adha.


"Kalau toh tidak ada libur khusus, hendaknya memberi dispensasi agak terlambat (masuk kerja)," kata Mu'ti.


Muhammadiyah mendesak hal ini, mengingat hak konstitusional warga negara dalam menjalankan ibadahnya telah diatur dalam konstitusi.


"Salah satu bentuk jaminannya mereka yang melaksanakan Idul Adha, dan mungkin terlambat mudah-mudahan ada kearifan para pejabat," ujar dia.


Pertemuan dengan Presiden Jokowi dihadiri unsur pimpinan pusat Muhammadiyah lainnya, seperti Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan ketua-ketua seperti Yunahar Ilyas, Dadang Kahmad, Dahlan Rais, Agus Taufiqurrahman, Suyatno, Syaiful Bakhri, dan Bambang Setiadji. Juga mendampingi Ketum Aisyiyah Siti Noordjanah Djohantini dan Ketua Masyitoh Chusnan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya