DPR: Fasilitas untuk Haji RI di Arafah Banyak yang Tak Layak

Pimpinan DPR Naik Haji
Sumber :
  • Twitter @fadlizon

VIVA.co.id - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia meninjau langsung persiapan puncak haji di tanah suci Mekah, Arab Saudi.

Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci

Rombongan, yang terdiri dari Ketua DPR, Setya Novanto, dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon, juga meninjau langsung fasilitas jemaah haji di Arafah.

Para wakil rakyat ini meninjau langsung ke Arafah untuk melihat persiapan wukuf, seperti kondisi tenda, karpet, pendingin ruangan, dan sarana lain di tenda jemaah haji Indonesia.

Wakil Ketua DPR dari Partai Gerindra mengkritik sejumlah fasilitas bagi jemaah haji Indonesia. Ia berkicau di akun Twitternya @fadlizon, Selasa, 22 September 2015, meskipun banyak kemajuan, namun sarana untuk jemaah Indonesia di Arafah masih banyak kekurangan dan perlu ditingkatkan.

"Masih banyak karpet yang tak layak, tenda-tenda robek, pendingin yang kurang memadai untuk ruang sebesar itu," kicau Fadli Zon. 

Tidak hanya meninjau persiapan wukuf, para utusan DPR juga melihat langsung keadaan jemaah haji Indonesia yang menjadi korban jatuhnya mesin derek atau crane pekan lalu.

Rombongan diwakili Ketua BKSAP Nurhayati Assegaf meninjau jamaah Indonesia di rumah sakit An Nur yang menjadi korban kecelakaan crane.

Rangkaian kegiatan wakil rakyat lainnya adalah bertemu dengan ulama kharismatik dan terkemuka Mekah, Syeh Habib Ahmad Muhammad Alwi Al Maliki. Delegasi DPR disambut oleh para ulama dari Timur Tengah dan para mahasiswa asal Indonesia yang sudah lama menuntut ilmu di Mekah.

Dalam kunjungan delegasi DPR pada musim haji tahun ini, Fadli Zon berharap ke depannya pemerintah menyiapkan pelayanan haji lebih baik lagi.

"Kami berharap pemerintah ke depannya bisa meningkatkan pelayanan dengan antisipasi jauh hari sebelum haji," kata Fadli. (ren)

Jemaah berziarah ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi

Satu Jam di Masjid Nabawi

Di dalam masjid ini terdapat makam Rasulullah dan sahabatnya.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016