Salat Idul Adha, Jemaah Muhammadiyah Khidmat dan Tertib

Warga Muhammadiyah menggelar Salat Idul Adha 2015
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Ribuan warga Muhammadiyah di Indonesia menggelar salat Idul Adha, Rabu 23 September 2015. Secara tertib dan khidmat, jemaah pun menggelar salat Idul Adha di berbagai tempat.

Di Yogyakarta, saat hari raya kurban ini digelar di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, sejak pagi warga sudah memenuhi lokasi salat.

"Alhamdulillah masyarakat Jogja melaksanakan salat Id hari ini. Ada satu dua masjid yang besok pagi, tidak ada persoalan, kami lebih saling menghargai," ujar Koordinator Salat Idul Adha, Budi Kurniawan.

Gubernur Ganjar Kecam Salat Id Pria-Wanita Tak Dipisah

Baca Juga:



Di Solo, Jawa Tengah, salat serupa juga digelar khidmat. Sebanyak 53 lokasi yang disediakan dipenuhi oleh ribuan warga Muhammadiyah.

Namun, khusus untuk pemotongan daging kurban, dijadwalkan akan digelar serentak pada Kamis 24 September, bersamaan dengan jadwal Idul Adha yang ditetapkan pemerintah.

"Yang menyembelih hari ini juga ada, tapi kelihatannya banyak yang Kamis besok, mengingat hari ini bukan hari libur, jadi jumlah tenaganya kurang," ujar seorang pengurus Muhammadiyah Solo, Umar Hasyim.

"Kami juga akan menggelar besok (Kamis, 24 September), untuk pemotongan hewan kurbannya," kata pengurus Muhammadiyah Kota Bandung, Jawa Barat.

Pantauan di Sumatera. Salat Idul Adha juga digelar serentak dan khidmat oleh warga Muhammadiyah. Di Binjai, Sumatera Utara, misalnya.

Ribuan warga Muhammadiyah tertib dan lancar menggelar salat Idul Adha di lapangan Gedung Dakwah DPD Muhammadiyah Kota Binjai.

Secara keseluruhan, tidak ada gejolak berkaitan dengan penyelenggaraan Idul Adha pada Rabu 23 September 2015. Seluruh umat menjalankan ibadah mereka dengan tertib dan tanpa ada gangguan.

Taufik Hidayat/Nuryanto/Asep Bar Bara/Puang Hendra

Empat Peristiwa Unik Tentang Hewan Kurban

Peristiwa ini bikin kita geleng-geleng kepala hingga terenyuh.

img_title
VIVA.co.id
26 September 2015