Lebih dari 20 Orang Turun untuk Sembelih Sapi Presiden

Potong sapi di Hari Raya Idul adha/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA.co.id - Lebih dari 20 orang dilibatkan untuk melakukan penyembelihan sapi jantan milik Presiden Joko Widodo yang diserahkan ke Mesjid Al Ikhlas Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Sapi berbobot hampir satu ton ini, terbilang tak mudah ditaklukkan. Maklum, ukurannya memang berbeda dengan jenis sapi lain.

Tingginya saja mencapai ukuran badan orang dewasa. Jadi maklum saja untuk merobohkannya agar bisa disembelih butuh waktu hampir setengah jam.

Empat Peristiwa Unik Tentang Hewan Kurban

Baca Juga:

Gubernur Ganjar Kecam Salat Id Pria-Wanita Tak Dipisah

Kepala Dinas Peternakan Gunungkidul Khrisna Barlian mengatakan, sapi yang diberikan presiden tersebut sesungguhnya adalah sapi lokal dari peranakan ongol.
Cobalah Daging Panggang ala Nabi Ibrahim


Ukurannya yang besar memang mencolok dibanding lima sapi lainnya yang disembelih pada untuk Iidul Adha pada Rabu 23 September 2015. "Sapi yang diserahkan presiden, ini jenis sapi lokal," katanya.


Menurutnya sapi jenis peranakan ongol ini memang akan dikembangkan, dan memiliki daging lebih banyak dibandingkan dengan sapi lokal lainnya. 


Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Iskamto menambahkan, sapi ini merupakan sapi pertama yang diberikan presiden ke Gunungkidul. Masjid Al ikhlas sendiri menerima sebanyak 260 sapi dan 230 kambing yang semua disalurkan ke masjid di sekitar Gunungkidul.


Selain sapi pemberian dari Presiden, Gunungkidul juga menerima sapi dari Gubernur DIY Sri SUltan Hamengku Buwono X. "Sapi yang diserahkan dari Presiden hari ini disembelih di masjid Al ikhlas," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya