AM Fatwa: Meski Serius Bela HAM, Buyung Sosok Humoris

Pengacara Senior Adnan Buyung Nasution wafat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Wakil Ketua MPR RI periode 2004-2009 AM Fatwa menilai, Adnan Buyung Nasution sebagai sosok yang penuh kasih membela kemanusiaan. Karakternya yang memiliki solidaritas menurut AM Fatwa sulit ditemukan pada orang kebanyakan.

Pesan Terakhir Adnan Buyung untuk Pemerintah

"Saya sedang di tahanan, dia jenguk istri saya melahirkan," kata AM Fatwa usai melayat di Rumah duka, Lebak Bulus, Rabu, 23 September 2015.

Anggota DPD itu mengenal Adnan Buyung saat merintis Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Di masa LBH baru dirintis, di Jakarta, pemerintah banyak menggusur rumah. HAM juga belum terlalu diperhatikan seperti saat ini.

Todung: Gelar Pahlawan untuk Adnan Buyung Tergantung Negara

Sehingga keberadaan LBH dinilai mampu mengontrol soal penggusuran ini. Menurut dia, saat ini sudah banyak orang lupa pada LBH.

Fatwa menilai, dalam hal penindasan kemanusiaan dan ketidakadilan Buyung pasti selalu tampil dan tidak mau ketinggalan.

Ini Sosok Adnan Buyung di Mata Menko Darmin

"Meski selalu serius membela HAM, almarhum adalah pribadi yang humoris, banyak berkawan dan tidak suka memiliki banyak musuh."

Adnan Buyung Nasution menghembuskan nafas terakhir pada Rabu, 23 September 2015, di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Almarhum dirawat di RSPI sejak pekan lalu lantaran beberapa penyakit yang diderita, antara lain gangguan jantung dan ginjal.

Laporan: Khalisotussurur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya