Selamat Jalan Adnan Buyung Nasution

Prosesi pemakaman Adnan Buyung Nasution.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA.co.id - Upacara pemakaman almarhum Adnan Buyung Nasution dilaksanakan secara militer. Rombongan pelayat jenazah dan keluarga tiba di pemakaman Tanah Kusir pada pukul 09.00 WIB. Suara terompet dan pasukan menandai upacara pemakaman. Riwayat hidup Adnan Buyung Nasution disampaikan secara singkat.

"Almarhum Prof Doktor Adnan Buyung Nasution pernah berstudi Ilmu hukum Melbourne, meninggalkan seorang istri, empat orang anak, bintang jasa yang dimiliki bintang Mahaputra Utama, meninggal di Rumah Sakit Pondok Indah pada Rabu 23 September 2015 karena sakit," ujar pembawa acara di pemakaman Tanah Kusir, Jakarta, Kamis, 24 September 2015.

Prosesi upacara pemakaman dilanjutkan dengan apel persada. Pada prosesi itu dipimpin Menko Perekonomian, Darmin Nasution sebagai inspektur upacara.

"Atas nama negara dan bangsa mempersembahkan pada persada ibu pertiwi jiwa almarhum Prof Doktor Adnan Buyung Nasution, pernah menjadi anggota wantimpres 2007-2009," ujar Darmin pada kesempatan yang sama.

Pasukan lantas bersiap memasang sangkur. Pendamping merentangkan bendera merah putih setinggi dada menjadi tanda bagi yang hadir untuk memberikan penghormatan terhadap jenazah. Dan pasukan melakukan hormat senjata.

Selanjutnya jenazah Adnan Buyung Nasution disemayamkan di peristirahatan terakhir. kerabat dekat dan keluarga meneruskan prosesinya dengan tabur bunga sebelum akhirnya penimbunan liang lahat dilakukan. Tabur bunga terakhir dilakukan Darmin Nasution selaku inspektur upcara sekaligus salah satu perwakilan keluarga. Doa pun lantas melantun mengakhiri prosesi upacara pemakaman.

Tak hanya keluarga dan kerabat almarhum yang memenuhi pemakaman, warga sekitar termasuk mereka yang kebetulan lewat pun turut melepas kepergian Adnan Buyung Nasution.

Todung: Gelar Pahlawan untuk Adnan Buyung Tergantung Negara

Laporan: Lilis Khalisotussurur.

Upacara adat jelang pemakaman Adnan Buyung Nasution.

Pesan Terakhir Adnan Buyung untuk Pemerintah

Hal ini dia sampaikan kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2015