Sapi Simental, Hewan Kurban Jokowi untuk Warga Surabaya

Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban tahun 2015. Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA/Tudji Martudji
VIVA.co.id
Empat Peristiwa Unik Tentang Hewan Kurban
- Panitia kurban di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jawa Timur, menerima sebanyak 21 ekor sapi dan 58 ekor kambing untuk disembelih sebagai hewan kurban. Salah satu hewan kurban yang disembelih sapi jenis Simental, yang merupakan sumbangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang didatangkan dari Bojonegoro, Jawa Timur.

Gubernur Ganjar Kecam Salat Id Pria-Wanita Tak Dipisah

"Beratnya, 1,2 ton. Jenisnya Simental didatangkan dari Bojonegoro, kemarin," kata Humas Masjid Al Akbar, Helmi M Noor, Kamis, 24 September 2015.
Cobalah Daging Panggang ala Nabi Ibrahim


Sapi sumbangan Jokowi itu diserahkan melalui Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, kepada Ketua Dewan Pembina Masjid Al Akbar Surabaya, Jenderal TNI (Purnawirawan) Try Sutrisno. "Ini sumbangan hewan kurban dari Bapak Presiden Joko Widodo untuk disembelih di Masjid Al Akbar," ujar Soekarwo.


Soekarwo melanjutkan, Idul Adha adalah peristiwa besar, dan semua umat Muslim harus mengambil hikmahnya.


"Kita ambil tauladannya, dengan tanggap memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dan dengan semangat berkurban ini, kita juga selalu berdoa agar situasi yang kurang baik ini, cepat membaik dan memang ada pesan dari Pak Presiden yang minta tiap provinsi untuk melaksanakan kurban," papar Soekarwo.


Selain menyerahkan sapi sumbangan Presiden Jokowi, Soekarwo didampingi isteri dan kedua anaknya juga menyerahkan sapi kurban atas nama keluarganya.


Helmi menambahkan, sapi sumbangan Presiden Joko Widodo tiba kemarin, Rabu 23 September 2015 siang, sekitar pukul 14.00 WIB. Setelah sapi sumbangan orang nomor satu di republik ini tiba, ramai-ramai orang mengajak sapi tersebut untuk foto
selfie
.


"Sampai malam hari. Termasuk sampai tadi pagi, setelah salat subuh masih ramai orang datang ingin foto dengan sapi sumbangan Bapak Presiden Jokowi," tambah Helmi.


Sementara, sejumlah orang kepada
VIVA.co.id
menyampaikan kalau, sapi sumbangan Joko Widodo tersebut adalah terbaik di wilayah Jawa Timur. Sebab, sapi milik warga Bojonegoro tersebut menjadi juara dalam lomba sapi yang digelar di Lamongan.


"Sapi itu pemenang lomba terbaik tingkat Jawa Timur," bisik salah sseorang warga.


Untuk diketahui, ini adalah kali pertama Presiden Joko Widodo, di masa jabatannya sebagai Presiden RI menyembelih hewan kurban di Surabaya. Sumbangan sapi dari presiden ini diberikan ke semua provinsi di Indonesia.


   

  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya