Menag Duga 3 Jemaah yang Jadi Korban Mina Tersasar

Jamaah Haji Dapat Perawatan Saat Tragedi di Mina
Sumber :
  • REUTERS/Directorate of the Saudi Civil Defense/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Satu Jam di Masjid Nabawi
- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengonfirmasi identitas dua jemaah Indonesia yang menjadi korban insiden di Jalan 204, Mina, Arab Saudi. Seorang pria dan seorang lainnya adalah perempuan.

Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci

‎“Saya baru saja dari RS Mina Al Jisr. Benar pukul 07.30 WAS telah terjadi peristiwa jemaah berdesak-desakan sehingga menyebabkan korban jiwa cukup besar, jumlah ratusan,” kata Menag seperti dikutip dari Media Center Haji saat di Mina, Kamis malam 24 September 2015.
Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita


Lukman menduga dua jemaah haji itu tersasar atau tidak tahu jalan lantaran akses tersebut diperuntukkan bagi jemaah haji dari Mesir, Afrika dan Asia Selatan. Informasi dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, dua jemaah haji Indonesia yang meninggal adalah pria bernama Hamid Atwi Tarji Rofia (51) dan seorang perempuan dengan nama Busyaiyah Sahel Abdul Gafar (50).


Hamid berasal dari kelompok terbang (Kloter) Surabaya 9SUB) 48 yang tinggal di tenda Maktab 2. Sementara Busyaiyah berasal dari Batam (BTH) 14 di Maktab 1. Dua maktab itu berada di Mina Jadid.


Selain dua jemaah haji tersebut, Lukman juga mengonfirmasi ada seorang korban lain yang juga wafat.


“Tidak ada identitas, tapi menggunakan pakaian jamaah haji indonesia,” kata Lukman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya