Suasana Mina Pasca Insiden, Normal dan Lebih Tertib

Indonesia dan Arab Saudi telah sepakat untuk bekerjasama mencegah adanya human trafficking berkedok umroh.
Sumber :
  • ANTARA/ Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Prosesi haji melempar jumrah hari ini, Jumat 25 September 2015, berlangsung dengan tertib pascainsiden di Jalan Arab 204, Mina, Kamis pagi 24 September 2015.

Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci

Reporter tvOne Angga Ikranegara melaporkan, suasana di Mina, Jumat 25 September 2015 waktu setempat, telah kembali normal dan tertib. Ini karena proses evakuasi korban dari pihak Arab Saudi berlangsung sangat cepat. 

Reporter tvOne lainnya, Kholid melaporkan, lokasi insiden Mina kemarin telah ditutup oleh petugas.

"Kami melalui jalan itu dan memang dinas kepolisian Arab Saudi menyatakan jalur tersebut ditutup. Kita diarahkan memutar untuk ke arah lain, jalur ini kurang lebih 1,5 kilo dari Jalan Arab 204," kata Kholid dalam laporannya.

Kholid mengatakan, di sekitar jalur tersebut dihuni jemaah haji asal Mesir, India dan Afrika.

"Lokasi ini agak, kecil jalan yang mereka lalui sekitar 15 meter. Itu ada pertigaan yang menghubungkan jemaah yang akan mengambil jumratul aqabah kemarin dan berhimpit dengan jemaah haji dari arah musdalifah. Dari Jalan Arab ini jemaah haji Mesir, Afrika dan India mereka beradu dan akhirnya banyak jumlah korban yang wafat."

Sampai saat ini tercatat 717 jemaah haji wafat pada insiden Mina kemarin. Lebih dari 800 jemaah haji lain mengalami luka-luka.

Adapun korban wafat asal Indonesia berjumlah tiga orang. Dua di antaranya berasal dari Surabaya dan Batam. Sementara satu lainnya masih dalam proses identifikasi.

Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita
Jemaah berziarah ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi

Satu Jam di Masjid Nabawi

Di dalam masjid ini terdapat makam Rasulullah dan sahabatnya.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016