Awasi Penyaluran Dana Desa, Bawaslu Butuh Data Pemerintah

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Daniel Zuchron.
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo
VIVA.co.id
KPK Akan Buat Aplikasi untuk Awasi Dana Desa
- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memerlukan rincian detail terkait penyaluran dana desa. Hal itu dibutuhkan untuk mengetahui titik-titik rawan penyalahgunaan dana desa di lapangan terkait dengan kegiatan kampanye pasangan calon.

Sambangi KPK, Menteri Desa Minta Bantu Awasi Dana Desa

“Karena, hari ini sudah berlangsung tahapan pilkada dari sektor kampanye,” kata anggota Bawaslu Daniel Zuchron, dikutip dari laman
Dirjen: Pendamping Dana Desa dari Kader Partai Akan Dipecat
Bawaslu.go.id.

Guna memenuhi kebutuhan gambaran detail tersebut, Bawaslu menggandeng sejumlah kementerian terkait. Mereka adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta Kementerian Dalam Negeri.


Selain untuk memantau pelaksanaan pilkada serentak, pengawasan terhadap potensi penyelewengan dana desa juga dilakukan demi suksesnya program pemerintah.


"Kepentingan pemerintah untuk pastikan programnya berjalan akan kami jaga bersama-sama,” ujarnya.


Menurut Daniel, kepala daerah berperan mulai dari penyaluran, pendampingan, hingga menetapkan peraturan wali kota/bupati terkait pengelolaan dana tersebut. Apalagi, dari 266 daerah yang menggelar pilkada serentak, terdapat 191 petahana yang kembali mencalonkan diri.


“Dari sisi pengawasan, kami (Bawaslu) di tingkat desa sudah ada pengawas pemilu. Jika nanti ada kebijakan yang perlu dikeluarkan Bawaslu, tentu ingin pastikan soal-soal desa, kami betul-betul lepas dari hal yang dilarang undang-undang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya