Selfie dengan Beruang Madu Mati, Tiga Orang Diburu Polisi

Swafoto dengan beruang madu yang mati
Sumber :
  • Facebook

VIVA.co.id - Telah hampir tiga hari terakhir, masyarakat Kalimantan Timur dibikin heboh dengan beredar foto atau swafoto tiga pria yang tengah menguliti bangkai beruang madu. Foto yang beredar luas melalui jaring media sosial itu mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Lokasi pengambilan foto diperkirakan berada di kawasan hutan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kini, kasus itu sedang diselidiki oleh jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Kalimantan Timur.

Laporan tvOne, Sabtu 26 September 2015, menyebutkan swafoto yang pertama kali diunggah oleh akun berinisial R melalui situs jejaring sosial Facebook itu tampak ketiga pria tengah asyik berswafoto usai membunuh hewan beruang madu. Diketahui, beruang madu termasuk salah satu hewan langka yang habitatnya dilindungi.

Dalam foto itu, bangkai beruang madu juga tampak telah tersayat-sayat. Bahkan, alat yang digunakan untuk membunuh berupa parang juga ikut terpampang jelas dalam foto tersebut.

Mamalia pemakan madu ini kini populasinya telah nyaris punah, sehingga membunuh hewan ini termasuk salah satu tindakan yang melanggar UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pelanggar atas aturan dalam UU itu diancam dengan hukuman 5 tahun penjara.

Tiga pria yang ada dalam foto swafoto tersebut telah resmi ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Kalimantan Timur.

Laporan: Iqbal Abdullah/Balikpapan-Kalimantan Timur

Intip Pose Duck Face Ala Titi DJ
Ilustrasi selfie.

Tips Foto Selfie Ala Artis

Salah satu faktor penting, sudut pengambilan yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2016