Pengamat: Kasus Narapidana Pelesir Bisa Terulang

Foto mirip Gayus Tambunan di jejaring sosial
Sumber :
  • VIVA.co.id/Facebokk

VIVA.co.id - Pengamat (Lapas) Ali Aranoval menyoroti permasalahan sistem dalam kasus beredarnya foto narapidana . Menurut dia, kejadian seperti Gayus bisa saja muncul lagi.

Gayus Tambunan Curhat, Dia Mengaku Kesepian di Rutan

"Ini adalah problem sistem, siapa pun menterinya kejadian ini selalu berulang," ujar Ali dalam sebuah acara diskusi bertemakan "Bebas Lepas di Lapas" di Jakarta, Sabtu 26 September 2015.

Untuk itu, kata Ali, menteri Hukum dan HAM harus melakukan pembinaan serta pelatihan kepada para petugas Lapas.

"Ketika makan di daerah Jakarta Selatan, sementara sidang perceraian di Jakarta Utara, kan ini adalah masalah integritas, petugas Lapas harus menjaga perilakunya," kata Ali.

Menurut dia, makan memang menjadi hak dari seorang warga binaan, akan tetapi semua ada kepantasan dan kepatutannya.

"Makan boleh, tapi itu disediakan oleh pihak Lapas, Gayus kan warga binaan. Silakan mengaplikasikan seperti apa disediakan oleh pihak Lapas, entah petugas Lapas bawa makanan dari Lapasnya, atau mampir ke Lapas di Jakarta seperti di Salemba atau Cipinang buat makan," kata Ali.

Ali menegaskan, dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pemerintah Joko Widodo, sudah ditekankan pentingnya menciptakan profesionalitas petugas, salah satunya dengan penyelenggaraan pendidikan yang profesional.

Ia menilai, pendidikan pegawai lapas di Kemenkumham selama ini terlalu integral, sehingga tak menumbuhkan integritas petugas.

Menteri Yasonna: Gayus Pindah Saja ke Nusakambangan

"Model pendidikan di Kemenkumham terlalu integral. Di antaranya cuma terdiri atas kepemimpinan, jabatan fungsional, dan administrasi," ujarnya.

Untuk itu, menurut Ali, pemerintah harus mengubah sistem pendidikan petugas Lapas.

"Mohon Pak Menteri, arah pendidikan pemasyarakatan lebih profesional. Jangka pendeknya, petugas harus dikenakan kode etik dan jangka panjangnya perbaikan model serta sistem pendidikan," tutur Ali.

Foto Mirip Gayus Nyetir Mobil Bikin 'Marah' Netizen
Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lapas ini ditetapkan sebagai rumah tahanan bagi napi terlibat narkoba.

Rutan Gunung Sindur Jadi Lapas Narkoba

Pernah jadi rumah bagi napi korupsi pajak Gayus Tambunan.

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2015