13 Ribu Destinasi Wisata RI Belum Dikenal Turis

Situs purbakala Bori Parinding Megalit
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dewi Fajriani

VIVA.co.id - Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata‎ Indonesia, Esti Reko Astuti, mengatakan, masih ada sekitar 13 ribu destinasi wisata di Tanah Air yang belum terjamah oleh wisatawan.

Masuk Gua Kampret, Raline Shah Berbusana Calvin Stone

Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat Indonesia mengedepankan wisata ke dalam negeri ketimbang ke luar negeri.

"Di Indonesia ini ada sekitar 13 ribu potensi wisata yang belum diketahui wisatawan. Belum lagi khasanah budayanya," ujar Esti saat membuka pameran wisata "Kemilau Sulawesi", di Pantai Kuta, Bali, Sabtu 26 September 2015.

Keindahan Alam Jadi Menu Istimewa Toraja Marathon 2016

Salah satu potensi pariwisata yang belum banyak dikenal wisatawan adalah Toraja. Di Sulawesi, ia melanjutkan, wisatawan mancanegara hanya mengenal Bunaken.

"Padahal, ada banyak potensi lainnya di Sulawesi selain Bunaken. Ini tentu tugas kita bersama untuk mempromosikan potensi tersebut," ujar Esti.

Wisata Tana Toraja Diharapkan Bangkit Lewat Toraja Marathon

Keindahan tujuan wisata itu semakin menarik dengan adanya keunikan budaya di masing-masing daerah.

Selama ini, Sulawesi merupakan daerah yang kurang dikenal oleh turis mancanegara. Bagi Esti, promosi di Bali menjadi satu kelebihan tersendiri untuk mengenalkan Sulawesi kepada turis mancanegara.

"Mari galakkan berwisata di negeri sendiri. Ada banyak sekali keindahan wisata di negara kita yang tidak diketahui, dibandingkan harus berwisata ke luar negeri," kata Esti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya