Pantau Tragedi Mina, Menag Tunda Kepulangan ke Tanah Air

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • www.kemenag.go.id

VIVA.co.id - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, yang juga Amirul Haj pada penyelenggaraan haji 1436H/2015M, memutuskan untuk menunda kepulangannya ke Tanah Air.

Menag: Arab Saudi Belum Bayar Santunan Korban Crane Jatuh

Dilansir dari laman resmi Kemenag, Sabtu 26 September 2015, menurut Lukman, hal ini ia lakukan agar dapat memantau langsung penanganan dampak peristiwa Mina yang terjadi pada Kamis lalu.

Menurutnya, Amirul Haj, naib, dan anggota, dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada Senin mendatang. Namun, menag merasa bahwa peristiwa Mina belum tuntas, di mana masa krisis dan masa kritis masih belum kembali ke kondisi normal.

100 Ribu Siswa Ditargetkan Daftar Perguruan Tinggi Islam

“Untuk itu, saya memutuskan menunda kepulangan selama beberapa hari, sampai kondisinya sudah relatif normal, bisa berjalan sebagaimana mestinya. Rombongan Amirul Haj yang lain tetap pulang sesuai dengan rencana,” katanya.

Sekadar informasi, saat ini Kemenag telah berhasil mengidentifikasi 14 jemaah haji Indonesia yang wafat akibat insiden Mina. Selain itu, ada enam orang jemaah yang masih dirawat di empat rumah sakit Arab Saudi.

DPR Desak Menag Perbaiki Penyelenggaraan Ibadah Haji

Kemenag juga merilis data, ada sekitar 112 orang jemaah yang hingga kini belum pulang ke pemondokan dan masih dicari keberadaannya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Tiga Syarat Orang yang Boleh Dibadal Haji

Regulasi pelaksanaan badal haji akan dibahas besok.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016