Jokowi: Akan Ada Operasi Pasar Besar-besaran

Presiden Joko Widodo meninjau panen di Cikarang
Sumber :
VIVA.co.id
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan operasi pasar besar-besaran. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar harga beras tetap terjangkau.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

"Minggu ini ada operasi pasar besar-besaran," kata Jokowi ‎ketika meninjau panen padi bibit varietas IPB 3S di Desa Cikarang, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Minggu, 27 September 2015.‎
Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi


Meski demikian, kata Jokowi, cadangan beras masih dalam batas aman, yakni 1,7 juta ton.


"Masih ditambah lagi panen bulan November, masih ada sisa panen. Tambah dua bulan‎ 300 ribu ton pada akhir tahun," kata dia.


Meski dari cadangan beras itu akan dikeluarkan raskin sebesar 220 ribu ton setiap bulannya, cadangan beras masih cukup. ‎"Yang penting pasokan cukup, distribusi lancar dan harga terjangkau," kata dia.


Sementara, Jokowi mengatakan, saat ini tengah mengkalkulasi dampak El Nino terhadap panen beras.


"Ini yang sedang dikalkulasi. Perlu cadangan beras yang benar-benar cukup, misalnya El Nino masih terjadi sampai Desember - Januari," kata Presiden.


Tantangan ke depan, kata dia harus ada insentif petani sehingga bergairah untuk berproduksi. "Dan semuanya masuk sawah, semua berproduksi sehingga hasilnya akan naik," kata dia.


Selain itu, Presiden mengharapkan bahwa ke depan, Bulog harus dapat menjadi penyangga, agar harga beras tidak dimainkan spekulan. ‎


"R & D terus dilakukan, IPB banyak melakukannya dan sekarang sudah bisa kita lihat hasilnya," ujar Presiden.


Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan bahwa dampak El Nino masih terus diperhitungkan karena memerlukan cadangan yang betul-betul diyakini memberikan keamanan di bidang ketahanan pangan.


"Tahun 1998 saat terjadi El Nino, impor beras saat itu sebesar 7,1 juta ton. Sekarang belum ada impor," kata Mentan.‎


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya