Panen Raya, Presiden Jokowi Bagi-bagi Traktor

Presiden Joko Widodo meninjau panen di Cikarang
Sumber :

VIVA.co.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono melihat panen raya padi di Desa Cikarang, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu, 27 September 2015.

Jokowi menuturkan, padi yang dipanen oleh petani tersebut merupakan padi varietas baru yang ditemukan oleh IPB dengan penelitian yang cukup matang. Varietas padi tersebut, yakni IPB 3S. Hasil panennya, kata dia, bisa menghasilkan 13,4 ton per hektare gabah kering panen (GKP)

"Tadi Rektor IPB menyampaikan bahwa 1 hektare di sini bisa menghasilkan 13,4 ton gabah padi kering IPB 3S. Lonjakan hasil panennya langsung berlipat," ujar Presiden Jokowi di Karawang, Jawa Barat, Minggu, 27 September 2015.

Pengembangan budidaya padi varietas IPB 3S merupakan program kerja sama antara Kementerian Pertanian dengan IPB dan Pemerintah Daerah Karawang dalam rangka pengoptimalan pencapaian swasembada beras. Lahan yang digunakan dalam menanam padi tersebut yakni sekitar 500 hektare, kemudian akan dikembangkan lagi menjadi 100 ribu hektare di daerah lain.

"Ini baru coba 500 hektaer. Setelah ini sudah memberikan tugas lagi kepada IPB 100 ribu hektare," ujar mantan gubernur DKI tersebut.

Unuk hasil padi varietas IPB 3S tersebut, menurutnya, sudah bisa dirasakan dan dilihat peningkatan hasil produksi. Atas hal tersebut, dia akan akan terus mendorong untuk dilakukan riset guna dikembangkan lagi.

"Riset harus terus dilakukan dan dikembangkan. Untuk padi berikan tugas oleh menteri untuk IPB. Kita lihat banyak sekali manfaatnya. Sudah dicoba dari bulan Juli. Sekarang sudah bisa dicoba. Kita lihat hasilnya," kata dia.

Jokowi Minta Kepala Daerah Bentuk Tim Pengendalian Inflasi

Seperti diketahui, luas lahan persawahan yang dipanen di Desa Cikarang hari ini sekitar 110 hektare. Sebanyak 65 hektare sawah di antaranya menggunakan benih unggul IPB 3S.

Selain melihat panen raya, Presiden dan Menteri Pertanian juga membagikan benih padi, alat mesin pertanian seperti mesin panen, mesin tanam, pompa air dan traktor kepada petani di Karawang.

Berdadarkan pantauan, Presiden hadir didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Kemudian tampak juga Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti, Pihak IPB dan Plt Bupati Karawang.

Pekan Masyarakat Adat Nusantara

Merayakan Pekan Masyarakat Adat Selama Tiga Hari di Jakarta

Temanya Pendidikan, Kebudayaan, dan Spiritualitas Masyarakat Adat.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016