Indonesia Diminta Terlibat dalam Investigasi Tragedi Mina

Tragedi Mina
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA.co.id - Ketua Komisi I DPR RI Mahfuz Sidiq mengatakan, Indonesia tak perlu mengikuti langkah politik negara lain yang menyudutkan Pemerintah Arab Saudi terkait tragedi Mina. Namun, Indonesia harus mempunyai sikap yang jelas untuk bisa ikut dalam proses investigasi tragedi Mina, sehingga pemerintah Arab Saudi memahami kenapa Indonesia harus dilibatkan dalam investigasi.

Raja Arab Saudi Jawab Kritik Ulama Iran

"Indonesia tidak perlu menghujat Saudi. Namun pihak Saudi harus cepat tangani kasus crane dan Mina secara transparan," katanya kepada VIVA.co.id melalui sambungan telepon, Selasa, 29 September 2015.

Mahfuz mendorong pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri untuk segera mengusulkan pembentukan Tim Pencari Fakta Gabungan pada Pemerintah Arab Saudi. Tim ini akan bekerja secara indipenden mencari penyebab terjadinya tragedi Mina.

Tiba di Indonesia, Jemaah Haji Maluku Utara Disambut Demo

"Yang diperlukan adalah kesadaran dan kemauan politik Pemerintah Saudi untuk mulai melibatkan negara negara muslim dengan jumlah jemaah haji yang relatif besar dalam pengelolaan haji," katanya menambahkan.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, bisa saja Pemerintah Indonesia atau negara lain tidak dilibatkan langsung dalam proses investigasi oleh Arab Saudi. Namun, Pemerintah Indonesia harus mengupayakan, minimal Indonesia terlibat dalam proses perencanaan dan supervisi investigasi.

DPR Minta Pemerintah Pulangkan Korban Tragedi Mina

"Ini semua dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan pengamanan haji ke depan."

(mus)   

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Menag: Santunan Korban Crane Masjidil Haram Segera Cair

Menag memastikan pencairan dana tersebut sudah tahap finalisasi.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2016