Mengapa Kutil Menebal di Tubuh Dede

Dede Koswara si Manusia Akar asal Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/telegraph.co.uk
VIVA.co.id
Gembok Sel Ringkih, Tersangka Kasus Pencabulan Kabur
- Kekebalan tubuh Dede Koswara atau dikenal sebagai 'Manusia Akar' tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini membuat penderita penyakit kulit langka Epidermodysplasia verruciformis ini  harus kembali mendapat perawatan di Rumah Sakit, Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Jawa Barat.

Telepon Pengaduan Terkait Anak Siap 24 Jam

“Sistem imunitas di tubuh pasien ini tidak bisa melawan dan mengeliminasi keberadaan kutil yang tumbuh di seluruh tubuhnya. Sehingga kutil tersebut terus tumbuh dan menebal,” kata Ketua Tim Medis Penanganan Manusia Akar, Oki Suarsa, Rabu 30 September 2015.
Bangladesh Juga Punya Manusia Akar


Delapan tahun silam, Dede pernah menjalani pengobatan di tempat ini. Tim mengangkat seluruh kutil berada di tubuhnya. Namun belakangan, kutil kembali tumbuh di tubuh pria berusia 46 tahun ini, bahkan kutil mulai menebal pada bagian kedua kaki dan telapak tangan hingga menyerupai akar, kondisi ini membuat Dede kesulitan berjalan dan melakukan aktivitas lainnya.


Oki menjelaskan saat ini, Tim Medis Penanganan Manusia Akar terus melakukan upaya untuk memperkuat imunitas dari tubuh Dede. Tim dokter berharap menguatnya sistem imunitas akan mampu mengeliminasi kutil yang tumbuh secara alami.


“Kita masih terus memantau, karena beberapa obat mempunyai kontra-indikasi. Kami mempersiapkannya untuk penanganan lebih lanjut,” katanya.


Dari data RSHS, Dede Koswara, si 'manusia akar' kembali masuk RSHS pada Sabtu, 26 September lalu. "Kami baru membentuk tim medis untuk menangangi pasien. Terapi baru akan kami lakukan setelah mengetahui masalah pada pasien," ujar Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Ayi Djembarsari, Selasa 29 September 2015.



Laporan: Mega Dwi Anggraeni/Bandung


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya