Kinerja DPR Tak Maksimal, PAN Usul Kurangi Reses

Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Anggota Komisi II DPR RI, Yandri Susanto mengakui, dalam masa kerja legislatif yang hampir genap satu tahun, lembaga tersebut belum memperlihatkan capaian yang signifikan. Ini terlihat dari pembuatan undang-undang yang sebelumnya sudah masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas).

Daftar RUU yang Telah Disahkan DPR di Masa Sidang V

Yandri melihat, kegaduhan di 'Senayan' menjadi salah satu akar masalah buruknya kinerja legislatif.

"Jangan gaduh lagi biar fokus untuk menjalankan tugas dan fungsi DPR. Selama satu tahun ini bidang legislasi sangat rendah prestasinya, makanya ke depan harus lebih dioptimalkan lagi," katanya saat dihubungi, Kamis, 1 Oktober 2015.

Jokowi Sindir DPR Terlalu Banyak Buat UU

Menurut dia, para legislator di Senayan harus lebih sensitif terhadap isu-isu kerakyatan. Di mana kondisi masyarakat saat ini sedang sangat kesusahan. Politisi Partai Amanat Nasional ini menjelaskan, solusi lain agar lembaga legislatif ini lebih produktif adalah dengan mengurangi masa reses. Di mana banyaknya masa reses membuat aktifitas anggota legislatif di gedung parlemen tidak maksimal.

"Kalau bisa jumlah hari reses dikurangi biar sidang sidang pembahasan di DPR lebih banyak waktunya. Masingi-masing komisi bersama pemerintah harus fokus untuk melahirkan undang-undang yang sudah masuk prolegnas," katanya menambahkan.

Semangat Penuhi Target UU, DPR Perlu Dukungan Pemerintah

"Dalam rapat pleno fraksi kita udah instruksikan semua anggota untuk fokus di masing masing komisi dalam hal pembahasan undang-undang."

(mus)

Ilustrasi Sidang Paripurna DPR

PPP Usulkan RUU Kamnas Jadi Inisiatif Pemerintah

RUU ini dinilai menyangkut kepentingan lintas institusi.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016