Puluhan Tahun Kakak dan Adik Ini Dipasung oleh Keluarga

Dua kakak beradik yang dipasung karena gila
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andi Baso Hery
VIVA.co.id
Diduga Bunuh Suami, Bidan di NTT Kerap Telanjang
- Dua kakak beradik di Desa Biak Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, terpaksa menderita selama puluhan tahun di rumahnya. Lantaran mengidap gangguan jiwa, keduanya, Sardin (32) dan Said (40), dipasung dalam kondisi memprihatinkan.

Stres, Terdakwa Korupsi Dibawa ke RS Jiwa

Said diketahui sudah 25 tahun dipasung. Sementara Sardin sudah 13 tahun. Masing-masing kaki mereka diikat dengan kayu besar dan diletakkan di kamar terpisah berukuran 3x4 meter yang hanya berlantai papan dan beratap seng bocor.
Pria yang Mengaku Anggota ISIS Alami Gangguan Jiwa


Sarif, ayah kedua pria tersebut mengaku sedih dengan kondisi kejiwaan kedua anaknya tersebut. Namun karena kemiskinan membelit mereka, maka keduanya tak dibawa ke rumah sakit.


"Dulu mereka sering membuat resah warga. Jujur saja tak tega sebenarnya melihat mereka. Tapi mau bagaimana lagi, kami tidak mampu," kata Sarif, Rabu 7 Oktober 2015.


Sarif memiliki empat orang anak, beruntung dua diantaranya tidak mengalami gangguan jiwa. Sehingga masih bisa membantu mengurus Said dan Sardin.


"Saya cuma buruh kasar, penghasilan tak jelas. Bantuan raskin saja kadang tak cukup. Jadi mau tak mau kami bertahan dengan kondisi ini," kata Sarif.


Saat ini dengan segala keterbatasannya, keluarga Sarif tetap setia merawat kedua saudaranya yang mengalami gangguan jiwa tersebut. Ia berharap pemerintah dapat membantu mereka menolong kedua anaknya. (ren)


Andi Baso Hery/Sulawesi Tengah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya