Saran Moeldoko Cegah Munculnya Bencana Asap

Kabut asap di Pekanbaru
Sumber :
  • ANTARA/Rony Muharrman

VIVA.co.id - Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) turut angkat bicara soal pencegahan bencana asap yang telah melanda Sumatera dan Kalimantan selama berbulan-bulan.

DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan

diketahui berasal dari pembakaran lahan, baik yang dilakukan oleh korporasi maupun warga sekitar yang ingin membuka lahan. Untuk itu, kata Moeldoko, jika pembakaran dilakukan oleh warga, pemerintah perlu menawarkan solusi lain agar warga yang ingin buka lahan tidak perlu membakar.

"Solusinya harus berbeda. Mungkin ada sejumlah alat yang bisa dioperasionalkan untuk membantu rakyat dalam membuka lahan, sehingga konsep lama mereka bisa berubah. Negara memberikan advokasi bantuan agar rakyat tidak lagi menggunakan metode lama," kata Moeldoko di Gedung DPR, Jakarta, Senin 12 Oktober 2015.

Pemberian alat-alat untuk pertanian kepada warga itu, kata dia, merupakan salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan oleh pemerintah. Pencegahan, menurut dia, jauh lebih penting.

"Hadirnya alat-alat pertanian yang diberikan kepada rakyat, itu lebih penting daripada negara mengeluarkan sejumlah anggaran untuk memadamkan dari waktu ke waktu," ujar Moeldoko.

Sementara itu, untuk mencegah pembakaran lahan yang dilakukan oleh korporasi besar, Moeldoko mengatakan, penegakan hukum yang tegas bisa membuat korporasi yang lain takut untuk bakar lahan.

"Sudah jelas pendekatannya, ya, hukum," tutur Moeldoko.

Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Di sejumlah wilayah Sumatera kini mulai terjadi kebakaran hutan lagi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016