Asing Bantu Padamkan Kebakaran Tak Turunkan Pamor RI

Presiden Joko Widodo pantau lokasi kebakaran hutan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo
VIVA.co.id
Simpang Siur Informasi, Panja Asap Cek ke Lokasi Kebakaran
- ‎Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Hamdhani, menyambut baik langkah Presiden, Jokowi, yang membuka diri untuk menerima bantuan negara tetangga untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang telah mengakibatkan kabut asap hingga mengakibatkan korban jiwa. Menurutnya sikap terbuka ini tidak akan menurunkan pamor Indonesia di kancah internasional.

Cara Pemerintah Tangani Kabut Asap Tak Efektif

"Saya menyambut baik langkah presiden. Sebetulnya memang Indonesia harus seperti ini jangan kemudian bersikap egois sebagai negara besar,” ujarnya saat di hubungi, Senin 12 Oktober 2015.
Demokrat: Jangan Anggap Enteng Kebakaran Hutan


Menurutnya berbagai bantuan yang diberikan saat ini memang sesuai kebutuhan. Di mana masyarakat sedang mengalami masalah karena tercekik kabut asap.


Politisi partai Nasdem ini berharap Indonesia tidak hanya meminta bantuan pemadaman api. Ia berharap Indonesia juga bisa belajar menghadapi kebakaran hutan dari berbagai negara yang membantu.


Di mana berbagai negara yang membantu saat ini seperti Singapura, Rusia, Malaysia, dan Jepang mempunyai pengalaman menangani kebakaran hutan. Di mana memadamkan kebakaran lahan gambut bukanlah hal yang mudah.


"Kompleks kalau berbicara lahan gambut, karena tanpa dibakar pun ketika musim kemarau datang, lahan akan terbakar. Apalagi persoalannya sekarang ada perusahaan yang membakar lahan. Uluran tangan negara tetangga ini lebih kepada solidaritas rasa kesamaan persoalan kemudian ikut bersama-sama menanggulangi asap,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya