Moeldoko: TNI Butuh Alutsista Penanganan Bencana

Sorot Asap Jambi Sorot
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A
VIVA.co.id
Begini Cara TNI Ungkap Testimoni Freddy Budiman
- Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal (purn) Moeldoko mengakui TNI hanya memiliki alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk operasi militer perang dan operasi militer selain perang.

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

TNI kata dia belum memiliki peralatan yang khusus untuk penanganan bencana. Padahal itu perlu untuk kesiapan menghadapi bencana.
Pasukan Garuda Juara Umum Ajang Olahraga di Afrika


"Itu persoalan kita. TNI memiliki alutsista tunggal, ya untuk operasi militer perang dan operasi militer selain perang. Ke depan harus dipikirkan jangan lagi seperti itu. Kalau nanti pada saat negara memerlukan kita malah tidak siap," kata Moeldoko di Gedung DPR, Jakarta, Senin 12 Oktober 2015.


Alutsista yang dibutuhkan untuk penanganan bencana asap misalnya, TNI membutuhkan pesawat berkekuatan dan berkapasitas besar untuk mengangkut bom air.


Begitu juga untuk menghadapi musibah di laut, TNI juga memerlukan kapal berkecepatan tinggi.


"Untuk bencana yang berbeda, disesuaikan, contohnya dapur lapangan untuk operasi militer dan untuk non-militer mestinya harus disiapkan. Jadi tidak rancu alat yang digunakan," ujarnya.


Moeldoko sendiri melihat, langkah pemerintah dan TNI khususnya, dalam menangani bencana asap ini sudah cukup baik. Hanya katanya, keterbatasan alat bisa menjadi hambatan yang krusial.


"Yang saya baca, sudah cukup pengerahannya. Hanya mungkin sekali lagi karena ini bersifat lebih masif, dihadapkan dengan keterbatasan alat utama penanggulangannya. Itulah kira-kira menjadi krusial," kata Moeldoko.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya