Gubernur Sumsel Yakin Asap Hilang Dua Pekan Lagi

Alex Noerdin
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin merasa sangat optimistis jika asap yang ada di wilayahnya sejak tiga bulan terakhir akan ke depan.

Kepercayaan Gubernur dua periode itu muncul setelah turunnya bencana kabut asap yang dari negara tetangga dengan menurunkan pesawat canggih. Saat ini, pesawat asal Malaysia dan Singapura, difokuskan untuk melakukan pemadaman di Kabupaten OKI dan Musi Banyuasin (Muba).

"Pagi hari kita lakukan briefing dari pantauan hotspot melalui satelit untuk kemudian menentukan titik koordinat. Setelah operasiĀ  jam 5 sore kita lakukan evaluasi, jadi kita yakin kalau terus dilakukan dengan masif seperti ini diperkirakan dalam dua minggu selesai,"uj ar Alex, Senin 12 Oktober 2015.

Alex mengatakan, yang menjadi fokus utamanya saat ini adalah pemadaman api, hingga asap menghilang.

Setelah asap selesai, selanjutnya dilakukan langkah tindakan pencegahan.

"Langkah persiapan sudah mulai dilakukan salah satunya bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melakukan penginderaan jauh dan membangun sistem peringatan dini. Jadi nantinya titik api (hotspot) di Sumsel dapat diketahui sejak dini dan dapat dilakukan pencegahan dengan menerjunkan Satgas darat ke lokasi hotspot," kata Alex.

Sementara, terkait upaya di bidang kesehatan akibat bencana asap, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel bekerjasama dengan kabupaten/kota telah mendirikan posko bantuan kesehatan di daerah yang terkena dampak bencana asap dibantu kabupaten lainnya.

"Saat ini kita telah mendapatkan bantuan dari Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo Jakata berupa dokter ahli dan spesialis serta bantuan obat obatan," kata dia.

DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan
Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Di sejumlah wilayah Sumatera kini mulai terjadi kebakaran hutan lagi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016