Pesawat Hercules Australia Perkuat Pemadaman Api

Petugas menunjukkan sebaran titik api yang muncul di sejumlah kawasan hutan dan lahan di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Pesawat Hercules milik Australia akan menambah kekuatan Satuan Tugas kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan. Pesawat Hercules tersebut mampu membawa 15 ton air untuk
water bombing
Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau
di titik api.

Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat
"Satu hercules dari Australia akan datang, pesawat ini mampu mengangkut 15 ton air. Besok sudah dapat beraktivitas," ujar Dansatgas Udara, sekaligus Danlanud Palembang, Letkol PNB Muhammad Riza Yudha Fahlefie, Selasa, 13 Oktober 2015.

Riza mengatakan saat ini pihaknya memantau ada 169 titik hotspot yang tersebar di beberapa kabupaten di Sumsel.

"Kebanyakan masih di Cengal, Air Sugihan, dan Pedamaran adanya titik-titik hotspot baru. Pemadaman hari ini melalui udara ke titik hotspot baru," ujar Riza.

Adapun jadwal terbang pesawat dalam pemadaman kebakaran lahan dan hutan di Sumsel yakni, Cassa 212 dengan misi TMC ke daerah TBN, Bell 214 membawa misi water bombing ke Pedamaran Timur.

Kemudian Mi 171 untuk water bombing ke daerah Air Sugihan, Mi 171 misi water bombing ke Cengal, SP3 Sakti, Mi 8 melaksanakan misi ke daerah Cengal.

Air tractor VH NWU misi water bombing ke Pedamaran, Air tractor VH ZIN misi maintenance, Air tractor VH XAU misi maintenance ke Pedamaran, CH 47 misi minor repair, dan CL 415 misi water bombing. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya