KPK Lantik Perwira Tinggi Polri Jadi Deputi Penindakan

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik lnspektur Jenderal Polisi Heru Winarko sebagai Deputi Penindakan. Perwira tinggi Polri itu dilantik menggantikan jaksa senior, Warih Sadono yang pindah tugas.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Dengan mengucapkan syukur, hari ini, saya resmi melantik saudara. Semoga Allah SWT memberkati dalam jalankan tugas untuk kepentingan rakyat bangsa dan negara" kata Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK, Taufiequrrachman Ruki dalam sambutannya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 15 Oktober 2015.

Selain Heru, KPK juga melantik dua orang pejabat lainnya untuk menempati posisi Deputi. Deputi Pencegahan diisi oleh Pahala Nainggolan sementara Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat dijabat oleh Ranu Miharja.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Ranu diketahui sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penuntutan, sedangkan Pahala lolos seleksi untuk menggantikan Johan Budi yang saat ini menjabat sebagai Plt Pimpinan KPK. Setelah mengucap sumpah jabatan yang dituntun oleh Ruki, ketiga pejabat baru itu membacakan pakta integritas yang diteken oleh ketiganya.

"Kami yang bertandatangan di bawah ini dengan ini menyatakan sebagai berikut, bersedia mematuhi dan melaksanakan secara sungguh ketentuan peraturan perundang-undangan dan kode etik pegawai KPK, bersedia menghindari pententangan kepentingan dalam melaksanakan tugas, bersedia diproses sesuai ketentuan yang berlaku apabila selama bertugas ditemukan perbuatan yang melanggar peraturan perundang-undangan sebelum menjadi pegawai KPK, apabila kami melanggar kami bersedia dikenai sanksi moral, sanksi administrasi dan sanksi pidana sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar ketiganya secara bergantian.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

"Demikian pakta integritas ini dibuat tanpa ada paksaan apapun dari pihak manapun," ucap ketiganya.

Pelantikan itu dihadiri oleh sejumlah pegawai KPK, termasuk para Pimpinan KPK. Terlihat pula ada tamu undangan, di antaranya Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan serta Jaksa Agung, HM Prasetyo.

(mus)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024