Pengamat: Program Bela Negara Bisa Jadi Cadangan Pertahanan

Upacara Penutupan Pendidikan Bela Negara
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
KSAD Luncurkan Buku Pengabdian Prajurit Kartika
- Pengamat pertahanan negara Universitas Gajah Mada, Profesor Armaidy Armawi, menyambut positif rencana Kementerian Pertahanan menyelenggarakan program bela negara untuk masyarakat Indonesia. Program itu dia nilai akan bisa menciptakan cadangan pertahanan negara di tengah terbatasnya jumlah personel militer di Indonesia.

8 Dokter DVI untuk Percepat Proses Identifikasi Korban Heli

“Rakyat bisa menjadi kekuatan pengganda bagi komponen utama pertahanan negara,” kata Armaidy, Kamis 15 Oktober 2015.
Penyebab Heli TNI AD Jatuh di Poso Masih Simpang Siur


Ia mengatakan lewat program bela negara ini juga  akan mampu menumbuhkan kepedulian dan nasionalisme generasi muda terhadap negara. Selain itu juga dapat mendukung upaya pertahanan negara.


“Bela negara diperlukan sebagai bagian dari proses mewujudkan ketanahan nasional. Namun implemantasinya harus diseusiakan dengan kondisi masing-masing wilayah,” katanya.


Secara perundangan, lanut Armaidy, kewajiban bela negara telah termuat dalam Pasal 27 ayat 3 UUD 1945. Dalam pasal tersebut mengatur setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.


Pelaksanaan fungsi pertahanan negara merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa, tidak terkecuali warga negara. Sehingga sebagai bagian dari kekuatan nasional, sudah sepatutnya rakyat turut serta dalam upaya pertahanan negara.


Tak cuma itu, Armaidy meyakini bila melalui program bela negara juga dapat menjadi solusi dalam memperkuat pertahanan di tengah keterbatasan jumlah personel TNI.


Keberadaan rakyat sebagai pengganda kekuatan ini akan menghasilkan kekuatan yang lebih besar. Pasalnya saat ini Indonesia hanya memiliki sekitar 500 ribu tentara aktif dalam pertahanan negara.


Sementara idealnya, sebuah negara memiliki pasukan kemanan sebanyak 1-2 persen dari total jumlah penduduknya.


“Untuk mencapai jumlah itu tentunya membutuhkan biaya besar, tetapi melalui program bela negara ini rakyat sebagai komponen cadangan bisa mendukung kekuatan utama pertahanan negara,” ujar dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya