Lagi, Ganjar Pranowo Marah Besar di Depan Wartawan

Ganjar Pranowo melakukan sidak proyek pembuatan jalan
Sumber :
  • Dwi Royanto/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Patung Yesus dan Bunda Maria di Gereja Klaten Dirusak
- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, marah besar saat menemukan pembangunan proyek infrastruktur jalan di wilayah Jawa Tengah dilakukan secara asal-asalan. Kemarahan Ganjar memuncak saat meninjau proyek jalan lingkar Wonogiri yang dikerjakan tanpa adanya besi penyangga.

Kembangkan BUMDes, Menteri Eko Minta Saran Gubernur Ini

Salah seorang petugas penanggung jawab proyek jalan pun hanya tertunduk lesu saat Ganjar memeriksa satu persatu pekerjaan proyek yang akan segera dilakukan pengecoran tersebut. Terlebih saat Ganjar mendapati adanya pengecoran jalan yang tanpa besi penyangga.
Ganjar Curigai Aksi 9 Perempuan Rembang Cor Kaki di Istana


"Ini uang rakyat, jangan main-main sama saya soal jalan mas!" kata Ganjar dalam bahasa jawa saat melihat hasil pengecoran yang tak sesuai prosedur kepada salah satu petugas proyek di Jalan Lingkar Wonogiri, Sabtu 17 Oktober 2015.


Tak sampai di situ, Politisi PDI Perjuangan itu seketika langsung meminta tiga orang pekerja proyek untuk mengecek ulang dan mombongkar kontruksi jalan yang tak beres itu. Dan benar, paska pembongkaran itu tak ditemukan satu pun sepatu cor semen. Di mana sepatu cor semen ini berfungsi untuk mengaitkan dasar tanah dengan cor baru.


"Sekarang gali dan bongkar, ada tidak besinya itu," lanjut Ganjar.


Wajah petugas pelaksana pekerjaan jalan di lokasi hanya tertunduk pucat dan mengakui kesalahannya. Pihaknya berjanji  akan langsung memperbaiki kontruksi jalan yang tak sesuai dengan standar tersebut.


Proyek jalan lingkar Kota Wonogiri merupakan salah satu pekerjaan infrastruktur Jawa Tengah yang memperoleh bantuan APBD Provinsi Jateng sebesar 6 Miliar pada tahun 2015 ini. Adanya beberapa ketidakberesan kontruksi jalan di Wonogiri itu, Ganjar bahkan akan melakukan pengecekan menyeluruh terhadap sejumlah pekerjaan cor jalan di wilayah setempat.


Pihaknya langsung memerintahkan kepada tim Bina Marga Provinsi dan Biro Pembangunan Daerah untuk membongkar secara
randown
acak. "Saya tunggu laporannya malam ini. Maka seluruh ruas yang mencurigakan akan dibongkar secara acak, " kata Ganjar.


Lebih jauh Ganjar meminta kepada masyarakat untuk turut mengawasi konstruksi pembangunan jalan yang dilakukan pemerintah. Kalau ditemukan adanya pekerjaan tak beres untuk tak segan melapor langsung kepadanya baik melalui SMS maupun akun twitter.


"Masyarakat bisa langsung laporkan kepada saya. Nanti saya tindaklanjuti," kata gubernur yang sangat aktif dengan media sosial twitter itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya