Padamkan Kebakaran di Riau, BPBD Buat Rekayasa Cuaca

Kabut asap di Pekanbaru
Sumber :
  • ANTARA/Rony Muharrman
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Pemerintah terus melanjutkan upaya pemadaman kebakaran lahan di beberapa kabupaten di Provinsi Riau walaupun kabut asap mulai menipis. Tim pemadam kebakaran terus membuat rekayasa cuaca agar hujan turun di Provinsi Riau. 

DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan
Menurut laporan koresponden tvOne, Arif Budiman, pada Sabtu, 17 Oktober 2015, pesawat Cassa yang disiapkan untuk mengangkut garam seberat satu ton akan diterbangkan untuk menyemai garam di wilayah kebakaran lahan. Pesawat Cassa akan diterbangkan ke wilayah utara seperti Dumai dan Kabupaten Meranti.

Zumi Zola Berikan Eskavator Tiap Kecamatan di Jambi
Selain itu, penyemaian garam akan difokuskan di bagian selatan Provinsi Riau, seperti Kabupaten Kuansing dan Indragiri Hulu. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edward Sanger, hari ini pesawat mengangkut dua ton garam yang disemaikan di bagian utara. 

Fokus penyemaian garam juga dilakukan di bagian selatan. 

"Saat ini, kebakaran lahan masih terdapat di Provinsi Riau. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekan Baru mendeteksi delapan titik api yang tersebar di sejumlah wilayah di masing-masing Kabupaten yakni Meranti dan Siak Tiga. Di Meranti, terdapat lima titik api, sedangkan tiga titik api terdapat di Siak Tiga," papar Edwar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya