Orang Sangihe yang Tinggal di Filipina Capai 35 Ribu Jiwa

(Ilustrasi) Penyaluran jemaah haji Indonesia melalui Filipina
Sumber :
  • VIVA/Rusli Djafar
VIVA.co.id
Patroli Bersama Tiga Negara Tidak Gagal
- Sebanyak 35 ribu jiwa warga dari Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara tercatat bermukim di Filipina. Jumlah ini mengejutkan, sebab perkiraan hanya mencatat sebanyak 5 ribu hingga 13 ribu jiwa.

Filipina Klaim Tewaskan 8 Militan Abu Sayyaf

Informasi ini disampaikan Konsul Filipina Oscar G Orcine saat berkunjung ke Kota Tahuna ibu kota Kepulauan Sangihe, Sabtu 17 Oktober 2015.
Kemlu Pastikan 10 WNI yang Ditawan dalam Kondisi Baik


“Ada juga warga Sangihe telah menjadi warga negara Filipina dan tinggal di 12 provinsi setempat. Jumlahnya mencapai 2.500 jiwa. Ini pun data sementara, bisa saja bertambah,” kata Oscar.


Menurut Oscar, secara fisik penampilan warga Sangihe dan orang Filipina memang tidak berbeda jauh. Sehingga sulit membedakan antara keduanya.


"Selain punya ciri-ciri yang sama, mereka juga bisa menggunakan bahasa daerah Sangihe dan bahasa asli Filipina yakni Tagalog,” katanya.


Bupati Sangihe Hironimus Rompas Makagansa juga mengaku terkejut dengan data tersebut. Ia berjanji akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait hal itu.


"Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. 35 ribu jiwa itu saudara-saudara kita. Kasihan kalau mereka tidak punya pekerjaan dan banyak pengangguran,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya