Survei, Menteri Susi Pudjiastuti Paling Populer

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Antara/Joko Sulistyo

VIVA.co.id - Poltracking merilis kinerja kementerian Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam satu tahun kerja. Dari semua menteri, hanya Susi Pudjiastuti yang dianggap publik paling populer dan kinerjanya memuaskan. Popularitas menteri ternyata memiliki hubungan dengan penilaian kinerja menteri yang bersangkutan.

Massa BEM Kritik Jokowi Tak Tegas Ambil Keputusan

Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda AR mengatakan, hasil survei menunjukkan sebanyak 63,79 persen responden merasa Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti populer. Lalu menteri yang memiliki popularitas kedua yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dengan penilaian 49,47 persen responden.

"Sebanyak 46,42 persen responden menilai, Lukman Hakim Saifuddin populer dan sebanyak 46,11 persen responden menganggap Khofifah Indar Parawansa populer," ujar Hanta dalam konferensi pers evaluasi satu tahun pemerintahan Jokowi di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2015.

AJI: Janji HAM Jokowi Disabotase Polisi

Hanta menjelaskan, popularitas menteri dengan penilaian publik terhadap kinerja menteri ternyata berbanding lurus. Sebab, sebanyak 55,68 persen responden merasa puas dengan kinerja Susi. Lalu berturut-turut menteri dengan kinerja yang memuaskan ditempati Anies sebanyak 44,53 persen, Lukman Hakim 43,16 persen, dan Khofifah sebanyak 40,74 persen.

Atas hasil survei tersebut, Hanta menilai banyak menteri yang belum terlalu dikenal publik. Adapun menteri yang dikenal publik ternyata mendapatkan penilaian kinerja yang positif. Sehingga ia menyimpulkan tingkat popularitas berbanding lurus dengan kinerja positif menteri.

PKS 'Ajarkan' Jokowi Tentang Kepemimpinan

Sebelumnya, Poltracking melakukan survei dari 7 hingga 14 Oktober 2015. Survei ini diambil dari 1.200 responden dengan margin of error +/- 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun responden yaitu warga dengan minimal usia 17 tahun atau sudah menikah dan bukan anggota TNI/Polri.

(mus)

Iwan Fals

Kritik Iwan Fals pada 'Haters' Jokowi

"Saya yakin sama elit politik kita itu yang suka fitnah."

img_title
VIVA.co.id
25 November 2015