Kapolri Tunjuk Kapolres Baru Aceh Singkil

Kerusuhan di Singkil, Aceh
Sumber :
  • Zulkarnaini Muchtar (Banda Aceh)
VIVA.co.id
2.000 Prajurit TNI Disiagakan untuk Natal di Aceh Singkil
- Kepolisian Republik Indonesia resmi mencopot Kapolres Aceh Singkil AKBP Budi Samekto atas kelalaiannya dalam kerusuhan pembakaran gereja di daerah itu pada pekan lalu.

MUI: Polisi Tak Adil Tangani Kasus Tolikara dan Aceh Singkil

Sebagai gantinya, Polri telah menunjuk AKBP Ridwan yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Datasemen A Pelopor Satuan Brimob Polda Bengkulu.
Kapolri Pastikan Kasus Aceh Singkil Bukan Politis


"Iya sudah diganti oleh Ajun Komisaris Besar Polisi M Ridwan," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Agus Rianto, Selasa, 20 Oktober 2015.


Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti tak menampik pergantian tersebut. Menurut Kapolri, pencopotan itu memang berkaitan dengan lalainya Kapolres Aceh Singkil saat pecahnya kerusuhan di daerah itu pada pekan lalu.


"Kapolresnya saya sudah dicopot, dan saya sudah tandatangani. Karena memang saya pikir kelemahan ada di Kapolres. Waktu awal sudah ditanyakan perlu bantuan
back up
, ternyata tidak," ujar Badrodin.


Kerusuhan di Aceh Singkil pecah pada pekan lalu. Saat itu, sekelompok orang melakukan pembakaran terhadap sebuah gereja di Desa Sukamakmur Kecamatan Aceh Meriah Kabupaten Aceh Singkil.


Satu orang dilaporkan tewas dan lima lainnya mengalami luka-luka pascakerusuhan. Tak cuma itu lebih dari 4.000 jiwa akhirnya mengungsi hingga ke Provinsi Sumatera Utara. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya