Said Aqil: Yang Menolak Hari Santri Biarkan Saja

Said Agil Siradj Kembali Terpilih Menjadi Ketua Umum PBNU
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj, mengatakan bahwa kirab Hari Santri Nasional banyak menuai respons positif dari berbagai pihak. Namun, dia mengaku bahwa beberapa memang ada yang tidak setuju.

"Ternyata banyak sekali yang merespons positif dari 13 ormas, Presiden, dan tokoh nasional Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Said dalam pidato di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Oktober 2015.

Saat ada yang tidak setuju dengan penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, yang juga bertepatan dengan sejarah resolusi jihad NU, Said menanggapi dengan santai.

"Soal ada yang belum menerima, ya biarin saja. Ada yang mengatakan nanti terjadi dikotomi antara santri dan bukan santri," kata Said.

Hari Santri, Pengakuan Kepingan Sejarah Indonesia

Definisi santri, menurut Said, bukan hanya yang berada di pesantren saja. Santri, disebut sebagai semua orang muslim kuat imannya dan beriman kepada Allah, serta berakhlak mulia.

Dia pun mengajak seluruh orang yang hadir agar menyambut Hari Santri dengan syukur dan bangga.

"Dalam Hari Santri ini mari kita sambut dengan kebanggaan dan bersyukur kepada Allah, walaupun jihad sekarang bukan jihad fisik. Jihad sekarang adalah jihad siasi," tuturnya.

Heboh Poster KH Hasyim Asy'ari Tanpa Jenggot di Hari Santri

Muhammadiyah menolak penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri. Bahkan, mereka sudah mengirimkan surat resmi kepada Presiden Jokowi.

Muhammadiyah beranggapan penetapan Hari Santri hanya untuk memenuhi janji politik Jokowi. Padahal, penetapan Hari Santri berpotensi menimbulkan sekat sosial, melemahkan integrasi nasional dan membangkitkan sentimen keagamaan. (ase)

Hari Santri, Kitab Pesantren Diminta jadi Buku Sekolah
Bupati Purwakarta Berpidato di Markas PBB, Dibuka Salam Sunda

Santri Minat Sepakbola Dijanjikan Beasiswa ke Inggris

"Kita akan jamin pendidikannya bagi santri yang berprestasi."

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2015