Ketua DPR Kaget Risma Jadi Tersangka

Megawati, Risma, dan Wisnu di Surabaya.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Suryanto

VIVA.co.id - Media lokal kota Surabaya memberitakan penetapan tersangka calon Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Risma disebut sebagai tersangka kasus penyalahgunaan wewenang pemindahan kios pembangunan Pasar Turi.

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Ketua DPR, Setya Novanto, mengaku kaget mendengar berita itu.

"Baru dengar tuh, bukannya dia bagus, soal apa ya? Saya terkejut, karena Bu Risma kan sangat dikagumi masyarakat," kata Novanto, ketika ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 23 Oktober 2015.
Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

Menurut politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini, jika memang benar Risma terkena permasalahan hukum, maka sebaiknya dikembalikan ke ranah hukum. 
Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta

Dia berharap, aparat penegak hukum punya alasan yang dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga tidak keliru dalam melakukan proses hukum.

"Semuanya juga harus kembali ke praduga tak bersalah. Kita lihat perkembangannya. Tentu polisi punya alasan-alasannya yang bisa dipertanggung jawabkan," ujar Setya.

Setya mengimbau agar semua pihak tidak langsung menyatakan bahwa penetapan ini bermuatan politis. Seperti diketahui, Risma mencalonkan diri kembali jadi Wali Kota Surabaya.

"Semuanya kan harus taat aturan, jangan buru-buru nilai politis, kita lihat substansinya apa," kata Setya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya