Ancaman Asap di Pulau Jawa Tergantung Arah Angin

Peta sebaran asap di Indonesia, Sabtu 24 Oktober 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter @Sutopo Purwo Nugroho
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Bencana kabut asap yang melanda wilayah Sumatera dan Kalimantan mulai merembet ke beberapa kawasan lain. Saat ini, hanya tiga pulau di Indonesia yang masih dapat dikategorikan aman dari asap, yakni Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya mengatakan, asap yang mulai muncul di berbagai kawasan pulau Indonesia tidak dapat diprediksi secara jelas. Sebab, hal ini tergantung dari faktor arah mata angin.
Atasi Krisis Energi Harus dengan Kerja Lintas Sektoral


"Arah angin berbeda-beda di setiap lapisan. Jadi, tidak bisa digeneralisasi. Masing-masing lapisan, ada arah dan kecepatan. Mereka berinteraksi dengan asap," ujar Andi, Sabtu 24 Oktober 2015.


Berdasarkan data BMKG, diketahui memang arah kabut asap mulai mendekati sebagian wilayah di Pulau Jawa. Partikel asap tersebut berada di atas langit Jawa dengan ketinggian 1.500 meter.


Kondisi ini masih berada dalam rentang aman, yakni di lapisan atas udara, dengan partikel yang ringan. "Cuma kabut tipis saja," kata Andi.


Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho telah menyajikan peta ancaman kabut asap yang hampir sebagian telah menutupi wilayah di Indonesia.


Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara merupakan kepulauan yang sampai saat ini belum tertutup oleh asap. Di sisi lain, kabut asap telah merembet ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, bahkan Filipina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya