Lagi, Kebakaran Gunung Haruman Garut Meluas

Kebakaran hutan di kaki bukit Teletubies Bromo
Sumber :
  • VIVA/Dyah Pitaloka

VIVA.co.id - Kebakaran hutan dan kebun milik warga di Gunung Haruman, Desa Cipareuan, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus meluas hingga memasuki hutan di perbatasan Kecamatan Kadungora, Garut.

Menurut salah seorang warga, Alam Surachman (37), semula sebagian api sudah padam, namun angin bertiup kencang hingga api kembali menyala merembet ke kawasan hutan lainnya.

"Sekitar pukul 18.00 WIB, api kembali terlihat, bahkan sudah ada yang melintas ke wilayah Kecamatan Kadungora," ujarnya, Minggu 25 Oktober 2015.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Musyawarah Pimpinan Kabupaten (Muspika) dan masyarakat setempat masih berada di lokasi dan terus berupaya memadamkan api. agar tidak membesar dan menghabiskan seluruh hutan.

"Petugas dan masyarakat masih banyak yang masih berada dilokasi kebakaran," ungkap salah seorang anggota Polsek Cibiuk, Bripka Iwan Setiawan.

Proses pemadaman api mengalami kendala, selain kondisi medan yang berat juga angin bertiup kencang di lokasi kebakaran Gunung Haruman.

"Pemadaman hanya mengandalkan alat seadanya, serta tiupan angin yang menganggu proses pemadaman," ucapnya singkat.

Data dari BPBD Garut, kebakaran Gunung Haruman terjadi sejak Sabtu 24 Oktober 2015, dan baru tercatat lima hektare lebih lahan hutan yang habis terbakar.

"Hari ini, masih kami hitung luas kawasan yang terbakar," kata Kepala BPBD Garut, Dadi Jakaria. (asp)

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau
Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Di sejumlah wilayah Sumatera kini mulai terjadi kebakaran hutan lagi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016