Api Mulai Melumat Ranu Kumbolo, Surga Gunung Semeru

ranu kumbolo
Sumber :

VIVA.co.id - Api yang membakar Gunung Semeru sejak seminggu lalu belum juga padam. Kini, apa mulai menyambar Ranu Kumbolo, surganya gunung tertinggi di pulau Jawa itu.

Salah satu anggota sahabat relawan Semeru (Saver), Sentot, mengatakan, api yang tadinya membakar pos 2 dan pos 3 jalur pendakian Semeru, kini sudah merambat ke pos selanjutnya.

"Api belum padam, bahkan sudah merambat ke pos 4, pos terakhir sebelum Ranu Kumbolo. Pemadaman masih dilanjutkan," ujar Sentot pada VIVA.co.id, Senin, 26 Oktober 2015.

Baca juga:
Hal senada juga disampaikan Kepala  Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Ayu Dwi Utari. Menurutnya titik api yang sebelumnya juga belum  bisa dipadamkan.

"Yang pasti kebakarannya meluas. Tetapi titik sebelumnya belum bisa dipadamkan, malah muncul titik api baru," kata Ayu.

Ayu menjelaskan, lahan yang terbakar hingga hari ini sudah mencapai 50 hektare, dan titik api terbesar masih berada di pos 1 tepatnya di Watu Rejeng.

"Sekarang, upaya pemadamannya tidak bisa apa-apa. Hanya mengioslasi lokasi karena tidak ada air. Sementara itu, untuk pendakian masih ditutup hingga waktu yang belum bisa ditentukan," kata Ayu.

Bromo 'Batuk-batuk', Ribuan Pendaki Tetap Serbu Semeru

Baca juga:

(ren)

Surga Dunia di Danau Ranu Kumbolo
Seorang pelintas dengan latar belakang Gunung Semeru.

Semeru Ditutup Total, 600 Pendaki Masih Disisir

Penutupan dilakukan untuk memperbaiki ekosistem lereng.

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2016