Gajah Ikut Padamkan Api di Hutan Sumatera

Gajah di Sumatera Selatan yang ditugaskan memadamkan api
Sumber :
  • VIVA.co.id/Facebook

VIVA.co.id - Sejumlah gajah terlatih milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan diterjunkan untuk membantu penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan di daearah itu.

Keberadaan gajah-gajah tersebut cukup efektif untuk menerobos dan memobilisasi peralatan pemadam kebakaran di lokasi yang sulit dijangkau.

"Ada lima gajah yang kami turunkan. Soalnya api kini sudah memasuki wilayah konservasi Suaka Margasatwa Padang Sugihan," kata Kepala BKSDA Sumatera Selatan Nunu Anugrah, Senin 26 Oktober 2015.

Gajah-gajah dari suaka margasatwa Padang Sugihan ini rencananya akan ditugaskan selama lima hari di lokasi kebakaran. Kehadiran mereka dirasa sangat membantu pergerakan dari tim pemadam.

Pesawat Rusia Sulit Bergerak

Kebakaran Besar Melanda Portugal

Sementara itu, untuk proses pemadaman menggunakan bantuan pesawat Fix Wing BE200 milik Rusia, masih belum berjalan efektif.

Pesawat pembom air yang ditempatkan di Pangkal Pinang ini masih kerap terparkir di bandara lantaran padatnya jadwal penerbangan di Pangkal Pinang.

"Sejauh ini sudah 740 ton air yang ditumpahkan oleh dua pesawat Rusia ini. Namun kini karena padatnya jadwal penerbangan jadi belum bisa efektif lagi," kata Hermensyah, Deputi III Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Purwantoro/Sumatera Selatan

Kebakaran hutan di Portugal.

Kebakaran di Portugal, Nasib WNI Terus Dipantau

KBRI Lisbon diperintahkan melacak WNI apakah jadi korban atau tidak.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016