Kantor Pemerintah Jadi Tempat Evakuasi Korban Asap Jambi

Pemadaman Kebakaran Hutan di Jambi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro
VIVA.co.id - Pemerintah Kota Jambi sudah mempersiapkan lokasi yang dijadikan evakuasi masyarakat jika udara akibat kabut asap semakin memburuk. Bukan hanya di puskesmas dan rumah sakit, namun kantor pemerintahan juga menjadi lokasi evakuasi yang disiapkan Pemerintah Kota Jambi.
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, dr Ida Yuliati, pemerintah terus melakukan pemantauan dan menerima laporan dari masyarakat terkait penderita infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) akibat kabut asap.
Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

"Jika ada masyarakat yang melaporkan penderita ISPA, kami akan langsung mendatangi rumah penderita ISPA tersebut," katanya Selasa, 27 Oktober 2015.
Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat

Jika kondisi penderita ISPA sudah gawat, mereka langsung dibawa ke Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi. Itu sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kota Jambi dalam menangani penderita ISPA.

Sedangkan lokasi evakuasi yang sudah disiapkan ada di beberapa titik, yaitu 20 puskesmas, 14 rumah sakit pemerintah dan swasta, dan 8 kantor camat. "Semua sudah siap. Ada oksigen dan perlengkapan evakuasi lainnya," kata Ida.

Untuk puskesmas di Kota Jambi, ujar Ida, sudah siaga sejak kabut asap melanda Kota Jambi. "Puskesmas sudah lama siaga. Tempat evakuasi baru kemarin dipersiapkan."

Wali Kota Jambi bersama Dinas Kesehatan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang tempat-tempat evakuasi itu. Maka, ketika memang diharuskan evakuasi, masyarakat sudah tahu mana lokasi terdekat yang harus dituju.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya