1.500 Tabung Oksigen Dibagikan Gratis

Pembagian tabung oksigen gratis untuk korban kabut asap
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Buruknya kualitas udara di Sumatera Selatan sejak empat bulan terakhir ini, membuat para penderita penyakit ISPA terus berjatuhan.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

Untuk meminimalisir kembalinya jatuh korban, sebanyak 1.500 tabung yang berisi 500 mililiter oksigen murni dibagikan secara gratis kepada seluruh warga.
Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat


Pembagian ini sendiri dilakukan oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan "Relawan Sedekah Oksigen".


Koordinator Relawan Sedekah Oksigen Neny Wisfah, mengatakan, ribuan tabung oksigen itu merupakan donasi dari para donatur diberbagai wilayah di nusantara. Satu tabung sendiri, bisa digunakan sebanyak 50 kali


"Untuk kondisi warga yang terpapar kabur asa dan mengalami sesak napas kita bagikan secara graris. Ini merupakan oksigen murni," kata Neny, Kamis 29 Oktober 2015.


Pembagian oksigen secara gratis, saat ini difokuskan kepada para bayi, balita, ibu hamil dan lansia.


"Jumlahnya terbatas, sehingga untuk penerimanya, kita utamakan dulu yang tadi," ujarnya.


Nur Hasanah (29), salah seorang warga Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan mengaku sangat terbantu dengan diadakannya pembagian oksigen gratis tersebut.


Nur yang kini sedang mengandung selama 9 bulan, sangat khawatir jika buah hatinya tersebut terjadi hal yang tak diinginkan.


"Sempat memang mengalami sesak nafas dan batuk karena asap ini. Anak pertama yang berusia 3,5 tahun juga sudah batuk-batuk. Asap memang sat ini sangat pekat. Dengan ada bantuan oksigen ini, kami juga senang karena tak perlu jauh ke rumah sakit atau pun posko," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya