Aktivis Lingkungan Emmy Hafild Berhenti Dukung Greenpeace

Aktivis Greenpeace Lakukan Aksi Unjuk Rasa di Paris
Sumber :
  • REUTERS/Christian Hartmann

VIVA.co.id - Mantan Direktur Eksekutif Greenpeace Asia Tenggara Emmy Hafild menyatakan mundur dari lembaga perlindungan lingkungan tersebut. Ia mengaku kecewa, Greenpeace lebih memihak kepada perusahaan pembakar hutan di Indonesia ketimbang masyarakat banyak.

Mengutip dari laman Facebooknya, Emmy menyatakan kekecewaan secara rinci tentang sikap Greenpeace.

Riau Kembali Alami Musim Kemarau

"Saya kecewa dan marah dengan strategi constructive engagement Greenpeace dengan perusahaan besar (Sinar Mas, APRIL, APP dan WILMAR) yang terlibat dalam kebakaran lahan gambut," tulis Emmy seperti dikutip Jumat, 30 Oktober 2015.

Berikut pernyataan lengkap Emmy dalam laman Faceboooknya;

Tragedi asap ini telah menyebabkan 50 juta rakyat Indonesia terpapar asap, lebih dari 540 ribu orang menderita ISPA dan kerugian ekonomi ratusan triliun rupiah. Keterlibatan perusahaan-perusahaan besar yang bekerjasama dengan Greenpeace sudah terang benderang, menjadi fakta publik, dan menjadi issu publik yang panas selama tiga bulan terakhir, tidak perlu lagi pembuktian khusus bagi Greenpeace untuk "repositioning" strategi tersebut. Publik opini sudah sangat jelas meminta agar perusahaan-perusahaan ini dihukum pidana, dicabut ijinnya dan diberi denda yang sangat besar. Greenpeace tidak perlu ragu untuk melakukan reposisi strategi ini.

Terbakarnya lahan-lahan perusahaan-perusahaan tersebut menunjukkan bahwa strategi "constructive engagement" yang diterapkan Greenpeace sejak tahun 2013 gagal total.

Namun, komunikasi saya dengan SMT tidak menunjukkan sensitivitas Greenpeace terhadap penderitaan rakyat Indonesia. Fakta juga menunjukkan bahwa posisi Greenpeace ini dipakai oleh perusahaan-perusahaan tersebut untuk "greenwashing image" mereka dan melemahkan posisi CSO Indonesia dalam menghadapi kekuatan kapital yang sangat besar di balik tragedi asap ini.

Saya sudah berusaha dialog dengan representative SMT GPSEA di Indonesia Longgena Ginting, Campaigner hutan GPI Bustar Maitar dan Ketua GPSEA Board, ibu Suzy Hutomo. Mereka tidak bisa mengambil keputusan karena memutuskan untuk lepas dari constructive engagement ini memerlukan keputusan SMT International. Alasan-alasan yang dikemukakan kepada saya tentang ini tidak dapat meyakinkan saya bahwa Greenpeace berada pada posisi bersama rakyat Indonesia.

Kenyataan bahwa Greenpeace sudah mendapatkan support dari rakyat Indonesia, dimana dalam beberapa tahun telah mendapatkan income lebih dari 10 milyar per tahun, mengharuskan Greenpeace tidak ada pilihan lain kecuali bersama rakyat dan civil society Indonesia dalam menghadapi kekuatan kapital yang berusaha melepaskan diri dari tanggungjawab tragedi ini. Ibarat perang, "you are with the people or against the people". Tidak ada wilayah abu-abu, terang benderang hitam putih. Ini masalah hati nurani dan sebetulnya tidak memerlukan diskusi yang panjang untuk menentukan sikap. Tragedi asap sudah 3 bulan, sudah cukup waktu bagi Greenpeace untuk secara pro-aktif meninjau ulang strateginya dan menentukan sikap dan itu gagal dilakukan oleh Greenpeace.

Dengan sikap seperti itu, sebenarnya dalam beberapa tahun terakhir, tidak ada hal yang significant dilakukan Greenpeace dan sangat sulit untuk membuktikan bahwa Greenpeace ada gunanya bagi rakyat Indonesia kalau dalam tragedi lingkungan terbesar di Indonesia ini tidak mampu untuk repositioning untuk bersama rakyat Indonesia. Lebih baik Greenpeace Indonesia dibubarkan saja.

Indonesia Targetkan 2 Juta Hektare Gambut Dipulihkan

Namun saya menghormati permintaan dari Board Perkumpulan Damai Hijau yang merupakan badan hukum Greenpeace di Indonesia untuk memberi kesempatan kepada mereka untuk menulis surat kepada Board GPSEA dan berdialog satu kali lagi mengenai masalah ini. Apabila dalam waktu seminggu, tidak ada perubahan repositioning Greenpeace, saya akan menulis surat terbuka untuk meminta Greenpeace dibubarkan karena lebih memilih bersama perusahaan yang lahannya terbakar daripada rakyat Indonesia.

Saya juga menyerukan kepada seluruh supporter Greenpeace Indonesia untuk berhenti menjadi supporter dan meminta Greenpeace repositioning strategy constructive engagement dan bersama rakyat Indonesia dalam menghadapi tragedi. Lebih baik dana yang kita sumbangkan untuk Greenpeace secara setia setiap bulan kita sumbangkan untuk upaya mengatasi dan mencegah kebakaran lahan gambut.


(ase)

Aktivis Greenpeace demo menolak proyek PLTU Batubara Batang

Proyek PLTU Batang Berpotensi Menambah Hutang Negara

Greenpeace mendesak Jokowi membatalkan proyek PLTU Batang

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016