Jokowi Terkesima Swadaya Warga Dirikan Rumah Singgah

Presiden Joko Widodo sambangi korban kabut asap
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Warga kawasan Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1, Palembang, Sumatera Selatan, mendirikan rumah singgah sendiri khusus bagi para bayi yang terkena kabut asap.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

Rumah itu telah didirikan warga secara gotong royong sejak satu pekan terakhir. Presiden Joko Widodo bersama beberapa menteri Kabinet Kerja yang menyambangi rumah singgah tersebut, tampak terkesima dengan respons masyarakat secara mandiri tersebut.
Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat


"Kami melihat peran masyarakat, dari NGO dalam rangka penanganan asap. Apalagi, tempat ini diprioritaskan bagi bayi-bayi yang rentan terpapar asap," ungkap Jokowi saat di Palembang, Jumat 30 Oktober 2015.


Bagi Jokowi, inisiatif warga untuk memprioritaskan penanganan terhadap kalangan balita di saat musibah kebakaran hutan dan lahan ini, sudah sangat tepat.


Sebab, balita sangat rentan mengidap penyakit yang ditimbulkan kabut asap. "Sudah baik, terutama yang berhubungan dengan bayi-bayi," ujarnya.


Untuk fasilitas di rumah singgah tersebut, menurut Jokowi sudah cukup baik, dengan dilengkapi tim medis didukung dengan obat-obatan secara lengkap.


"Saya lihat sudah baik, ada dokter, obatnya. Ya, sehingga penanganan menjadi komplet," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya