YLKI Pertanyakan ke Mana Dana Subsidi BBM

Harga Baru BBM
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Menkeu Tegaskan Tak Ada Penghapusan Subsidi Solar
-  Sejak awal masa kepemimpinannya, Presiden Jokowi telah  membuat kebijakan untuk menghapus BBM. Namun, menurut YLKI, alokasi dana yang berhasil dikumpulkan masih belum jelas.

Subsidi Solar Sudah Sepantasnya Dicabut

Tulus Abadi, selaku Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), mengatakan, ketika Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia, masyarakat dikejutkan dengan adanya kenaikan harga, seperti kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), dan harga listrik yang terjadi secara bersamaan.
IMF: Reformasi Subsidi Energi RI Bisa Jadi Percontohan


Kebijakan pemerintah yang mencabut subsidi energi hingga membuat harga BBM dan listrik naik dipertanyakan oleh lembaga tersebut. Pasalnya, dana pencabutan subsidi tersebut bisa mencapai jumlah hingga Rp300 triliun per tahun.


"Kita lihat kebijakan pemerintah, pengurangan subsidi energi khususnya BBM itu uangnya mau dikemanakan. Mau korupsi? Atau untuk bangun infrastruktur di negeri ini? Misalnya, bangun jalan, sarana kesehatan dan sebagainya. Ini yang kita sorot kenapa pemerintah kurangi subsidi energi," katanya di Hotel Acacia, Jl.Kramat Raya, Jakarta Pusat, Sabtu, 31 Oktober 2015.


Kata Tulus, naik turunnya harga BBM saat pemerintahan Jokowi, harus dicermati bagaimana dampaknya ke masyarakat. Karena, menurut Tulus, banyak dampak kurang baik yang timbul bagi masyarakat akibat pencabutan subsidi BBM.


"Pak Jokowi, saat pemerintahnya BBM naik-turun, dan ini yang harus kita sikapi, apakah ini baik atau tidak untuk masyarakat. Karena, naik turunnya BBM ini, dampaknya macam- macam naik. Sayur segala macam, nah ini mau sampai kapan," ujarnya mempertanyakan.


Dia mengatakan, harus dilihat sebenarnya kebijakan seperti apa yang ingin dilakukan oleh pemerintahan Jokowi, menyangkut subsidi BBm ini.


"Kemenkeu mau kasih berapa subsidinya, dari ESDM, kebijakannya seperti apa sih, jalannya seperti apa?" kata Tulus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya