Kabur Usai Pukuli Sipir, Napi Rutan Medan Menyerah

Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lapas ini ditetapkan sebagai rumah tahanan bagi napi terlibat narkoba.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
VIVA.co.id
Dua Napi Kabur dari Lapas Paledang Bogor Ditangkap
- Seorang tahanan Rutan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) yang kabur usai memukuli sipir menyerahkan diri. Imbron (25) warga Kecamatan Sunggal, menyerahkan diri ke Lembaga Pemasyarakatan Medan ditemani oleh keluarganya. Saat ini polisi masih memburu 13 rekan Imbron.

Mulai Tahun Ini, Lapas dan Rutan DKI Dijaga Anggota Kostrad

Imbron mengaku pelariannya sudah direncanakan. "Sudah lama dibicarakan, dan akhirnya diputuskan hari Minggu kemarin" ungkap Imbron saat menjalani pemeriksaan di Rutan Pancur Batu, Medan, Sumatera Utara, Kamis 05 November 2015.
Terkendala Anggaran, Tak Ada Lapas Baru Tahun Depan


Pada hari H, Imbron bersama 13 rekannya berkumpul hingga akhirnya menyerang sipir yang bertugas menjaga pintu depan. "Setelah keluar kami lari ke arah belakang dan menumpang angkutan menuju batas kota. Dari sana kami kabur sendiri-sendiri" papar Imbron.


Sementara itu Kepala Rutan Pancur Batu, Karyono, mengatakan pihaknya sudah meningkatkan pengamanan untuk mencegah hal serupa terjadi kembali. "Kami sudah meningkatkan sistem pengamanan, termasuk mengatur warga binaan yang mau keluar dai sel," ujar Karyono.


Karyono mengimbau kepada 13 warga binaan yang masih kabur untuk segera menyerahkan diri.


Rutan Cabang Pancur Batu sedianya sendiri sudah kelebihan beban. Rutan ini didesain untuk menampung 145 warga binaan, namun saat ini Rutan harus menampung 483 warga binaan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya