Rumah Sakit Gajah Pertama di Asia Ada di Lampung

Habitat gajah sumatera di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVA.co.id
Sampel DNA Ikan Aneh di Minahasa Dikirim ke Eropa
- Rumah sakit gajah (RSG) pertama di Asia berada di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Lampung. Dijadwalkan rumah sakit yang sudah digagas sejak empat tahun lalu ini akan diresmikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kamis 5 November 2015.
 
Petugas Bongkar Praktik Penjualan Satwa Langka di Surabaya
Menurut Siti, RSG yang  resmi beroperasi hari ini untuk melayani gajah-gajah yang sakit dan gajah yang menjadi korban bencana dan  konflik dengan manusia.

Bandar Satwa Dilindungi Diringkus Petugas
Fasilitas yang dimiliki rumah sakit ini pun terbilang lengkap, mulai dari dokter hewan, paramedis dan fasilitas alat kesehatan hewan yang modern dan lengkap.
 
RS ini menyediakan lahan yang cukup luas yakni 42 meter x 24 meter, rumah mahout/pawang gajah dengan ukuran 28 meter x 13 meter, sumur bor dengan kedalaman 120 hingga 150 meter untuk kepentingan air bersih, tempat minum gajah, dan tambat gajah.

Menurut Siti, RS ini juga dapat difungsikan untuk spesies satwa lainnya. Sehingga akan sangat membantu dalam upaya penyelamatan bagi satwa.

Nantinya sebagian peralatan Rumah Sakit Gajah secara bertahap akan disediakan oleh Taman Safari Indonesia dan Australia Zoo.

Karena itu guna keberlanjutan dan optimalisasi keberadaan Rumah Sakit Gajah ini perlu segera penguatan struktur pengelolaan, penempatan tenaga medis yang memadai, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, peningkatan standar kompetensi/profesi mahout, penganggaran yang cukup untuk pemeliharaan, pelibatan dan dukungan institusi dan para pihak terkait, dan lainnya. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya