Badak Harapan Pindah dari Amerika, Kini Tinggal di Lampung.

Badak Sumatera bernama Harapan
Sumber :
  • REUTERS/Cincinnati Zoo
VIVA.co.id
Pulang ke Indonesia, Badak Harapan Cari Jodoh
- Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) bernama Harapan, yang berasal dari Kebun Binatang Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat, akhirnya resmi diserahkan ke Taman Nasional Way kambas (TNWK), Lampung.

Menjaga Badak, Menjaga Indonesia
Harapan secara resmi diserahkan Kedutaan Besar Amerika Serikat dan diterima oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup,  Siti Nurbaya, di hutan TNWK, Kamis 5 November 2015.

Punya Badak Langka, RI Siapkan Strategi Perlindungan
Harapan akan disatukan dengan lima badak lainnya, dua di antaranya berjenis kelamin jantan, yakni Andalas dan Andatu. Tiga lainnya betina, masing-masing bernama Rosa, Ratu dan Dina.

Humas TNWK, Sukatmoko, mengatakan badak harapan tiba di SRS TNWK dimasukan dalam peti dikawal oleh pawang dari Amerika Serikat, dan satwa yang lahir 2007 ini langsung disterilkan dari pengunjung dan awak media selama 14 hari.

Langkah itu ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada Harapan untuk beristirahat. Sebab perjalanannya dari Negeri Paman Sam menuju TNWK memakan waktu 50 jam. Selama waktu tersebut, Harapan berada di peti dalam posisi berdiri.

"Harapan datang bersama Dokter Jeany dan 2 pawang dari Cincinnati Zoo," ujar Sukatmoko. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya