Menko Rizal: Gus Dur Wali ke-10 di Indonesia

Ilustrasi Umat Khonghucu Berdoa Untuk Gus Dur
Sumber :
  • ANTARA/Bhakti Pundhowo
VIVA.co.id
Dukung Rizal Ramli Maju Pilkada, Buruh Mulai Keliling Pabrik
- Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, setuju pemberian gelar pahlawan kepada Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Rizal mengatakan Gus Dur sudah seharusnya diberikan gelar pahlawan karena jasa-jasanya. Meski sudah lama meninggal, Rizal menilai sosok Gus Dur tetap selalu dikenang.

Rizal Ramli tentang Ahok: Serahkan pada Tuhan Menghukumnya

"Saya kemarin ke (makam Gusdur) Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.  Selain kasih kuliah bisnis saya juga berziarah ke makam Gus Dur. Saya terharu karena sosok beliau sangat sederhana sekali, lalu tidak ada pusara yang hebat," ujar Rizal di kantornya, di Jakarta, Senin, 9 November 2015.
Rizal Ramli Tutup Mulut Ditanya Pilkada Jakarta


Menurut mantan Menteri Keuangan era Presiden Gus Dur ini, jika publik ada yang menganggap tokoh-tokoh hebat, baik itu di dunia maupun di dalam negeri, dipastikan selalu ada museumnya. Selain itu ada berbagai hal yang menunjukkan kalau tokoh tersebut hebat.


"Tapi Gus Dur sangat biasa. Beliau selalu menunjukkan jiwanya yang memang sederahana. Meskipun tidak ada monumen dan makam yang megah, Gus Dur di hati rakyat tetap ada," kata Rizal.


Menurut Rizal, cita-cita, idealisme dan jasa Gus Dur bagi bangsa serta hatinya terhadap pluralisme, menjadikan Gus Dur sebagai tokoh besar.


"Ini pemimpin yang sangat sederhana waktu hidup maupun meninggal. Saya tidak ragu untuk mengatakan bahwa Beliau wali ke-10 di Indonesia," tuturnya.


Diketahui, wali di Indonesia dikenal dengan nama Wali Songo atau Sembilan Wali. Para wali ini merupakan penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke 14.


Meskipun Gus Dur menjabat Presiden hanya dalam waktu singkat, akan tetapi sosoknya dikenal bukan karena sebagai mantan Presiden. Gus Dur, menurut Rizal, merupakan seorang negarawan dan pemimpin bangsa untuk semua kalangan.


"Karena ribuan orang rakyat datang ke situ (makam Gus Dur) selalu berdoa dan berziarah. Jadi menurut saya, Gus Dur adalah pahlawan. Karena beliau ini pemimpin yang sangat sederhana waktu hidup maupun meninggal," ujar Rizal.


Seperti diketahui, gelar pahlawan bagi Gus Dur saat ini telah disetujui Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang diketuai Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu.


Presiden Joko Widodo juga sudah setuju pemberian gelar pahlawan itu. Namun gelar pahlawan tersebut belum dianugerahkan tahun ini, melainkan diendapkan dulu menunggu waktu yang tepat. (ren)





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya